Pemkab Nias Barat Peringati Hari Guru Nasional Dan Hut Ke-77 PGRI

217

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menjadi pembina upacara peringatan Hari Guru Nasional 2022 dan HUT Ke-77 PGRI yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Nias Barat, pada Jumat pagi (25/11/2022) .

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, menyampaikan pesan-pesan yang ditujukan kepada para guru di Indonesia untuk terus melakukan perubahan dan kebaruan demi masa depan pendidikan.

“Sebenarnya, bukan hanya guru yang terus didorong untuk berubah. Kami di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) juga memacu diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja kami dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik.” kata Nadiem dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bulati Nias Barat.

Selanjutnya, Mendikbud Nadiem menjelaskan tentang Platform Merdeka Belajar untuk memenuhi kebutuhan para guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi. Selain itu, Mendikbud senantiasa membuka kesempatan bagi para guru untuk mengikuti program-program lain seperti program Guru Penggerak dan program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Lebih lanjut, Menteri Nadiem mengatakan bahwa kesejahteraan para guru perlu dukung dengan terus memprioritaskan pengangkatan guru honorer sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui seleksi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK).

Sebagai penutup, Mendikbud menyampaikan pesan untuk bersama menyamakan arah perjalanan tujuan pendidikan di Indonesia.

“Ibu dan Bapak guru yang saya hormati dan banggakan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyamakan arah perjalanan kita menuju satu tujuan bersama, yakni pendidikan Indonesia yang maju, berkualitas, dan memerdekakan.” ujar Nadiem pada sambutan tertulisnya.

Setelah pelaksanaan upacara, dilaksanakan lomba pidato antar guru-guru SD dari 8 Kecamatan se Kabupaten Nias Barat dengan tema “Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat, Indonesia Maju”.

Berdasarkan hasil penilaian Tim Juri, Juara I Lomba Pidato diraih oleh Philei Sphian Daeli, S.Pd utusan dari Kecamatan Mandrehe Barat, Juara II diraih oleh Elina Waruwu dari Kecamatan Moro’o sedangkan Juara III diraih oleh Desriang Hulu dari Kecamatan Mandrehe.

Pada upacara tersebut turut hadir, Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, M.M., M.Si, Pj. Sekretaris Daerah Sozisokhi Hia, SH., M.M., Ketua PGRI Kabupaten Nias Barat Siado Zai, SE., M.M., Anggota DPRD Nias Barat Martianus Gulo, SH., para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, pejabat administrator dan pejabat pengawas, para guru dan pengawas sekolah. (Wardiy)

 

Artikulli paraprakPemkab Nias Utara Laksanakan Diklat Manajemen Kepegawaian
Artikulli tjetërProgram Kemitraan Kementerian ESDM, Komisi VII DPR RI dan Pemkab Nias Barat Salurkan Bantuan Kepada Nelayan