Peduli Lingkungan, Satgas TMMD 118 Kodim 1416/Muna Gandeng DLH Sosialisasi Lingkungan Hidup

134

MUNA (Sulawesi Tenggara) ketikberita.com | Satgas TMMT 118 Kodim 1416/Muna menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam sosialisasi Lingkugan hidup dengan Pemateri yaitu Kadis Lingkungan Hidup Bapak L.M Ojo Aksa, S.Pt yang didampingi oleh Camat Tongkuno Arif Wau, S.Si dan Kades Lahontohe La Bingu, S.Pd, yang bertempat di Aula Kantor Desa Lahontohe Kec. Tongkuno Kab. Muna, (5/10/2023).

Sosialisasi dilaksanakan di Balai Desa setempat itu diikuti sekitar 50 warga.

Odjo Aksa menyampaikan, terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan bukan terjadi begitu saja. “Bencana ini utamanya terjadi karena kurangnya daerah resapan air akibat penggundulan hutan dan alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian dan bangunan,” katanya.

Cara melestarikan lingkungan, lanjutnya, diantaranya menjalankan program penanaman pohon agar manfaat penanaman tersebut juga dapat dirasakan oleh anak cucu nantinya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat agar mengurangi pencemaran udara melalui pembakaran lahan, sebab dampak pencemaran udara sangat tidak baik bagi pernapasan dan banyak penyakit yang timbul akibat pencemaran tersebut.

“Dengan Sosialisasi Lingkungan Hidup ini diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan sekitarnya”ungkapnya.

Kades Lahontohe mengatakan selamat datang kepada Tim penyuluh dari Satgas TMMD 118 Kodim 1416/Muna serta dinas lingkungan hidup  yang telah mendatangkan penyuluh tentang lingkungan hidup yang merupakan kegiatan Non Fisik TMMD 118 wilayah Kodim 1416 Muna.

“Penyuluhan tentang lingkungan hidup di kecamatan tongkono khususnya di desa Lahontohe sangat penting agar masyarakat dapat mengerti dan memahami tentang arti lingkungan hidup”. (r/Pen)