Musim Tanam Tiba, Babinsa 15/Plkb dan Petani Basmi Hama Keong

141

ACEH TIMUR (Aceh) Ketikberita.com | Berlokasi di lahan persawahan milik Muslim (56), Pelda Darno selaku Babinsa Koramil 15/Peureulak Barat Jajaran Kodim 0104/Aceh Timur melakukan pendampingan dalam proses penyemprotan jama keong di Desa Beusa Sebrang, Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (9/4/2022).

Berlangsungnya musim tanam padi di wilayah Peureulak Barat sudah dipersiapkan oleh para petani secara matang salah satunya dengan mengantisipasi serangan hama yang mengganggu di awal penanaman bibit padi disawah.

Disela-sela kegiatannya Pelda Darno mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita dalam melakukan pendampingan kepada petani didesa dengan harapan dapat meningkatkan produksi padi guna tercapainya ketahanan pangan diwilayah.

“Pagi ini kita memulai kegiatan dengan penyemprotan hama keong di lahan milik Muslim yang dipersiapkan untuk ditanami bibit padi,”ujar Babinsa.

Menurutnya, serangan hama keong biasanya akan datang disaat padi masih muda yaitu pada waktu berumur kurang dari 14 HST dan menyerang dau , batang serta akar padi sehingga dapat merugian para petani.

“Dengan kita melakukan penyemprotan ini merupakan langkah awal upaya para petani dalam mengantisipasi dan pengendalian hama di awal musim tanam dan pengolahan lahan”jelas Babinsa. (AA)