Monitoring Gotong Royong, Bupati Toba: “Kalau Ini Kumuh Berarti Inilah Gambaran Wajah Kita”

132

KAB. TOBA (Sumut) ketikberita.com | Bupati Toba, Ir Poltak Sitorus didampingi Pj. Sekda Kabupaten Toba Drs. Augus Sitorus memonitoring langsung aksi gotong royong, pembersihan sampah, dan pembuatan saluran air (gorong-gorong) di lingkungan sekitar Jl. Mulia Raja dan Dermaga Mulia Raja Balige, Kamis (07/04/2022).

Bupati Poltak dalam kesempatan ini mengajak masyarakat dan pedagang yang berjualan di sepanjang jalan mulia raja dan dermaga agar memilah sampah organik dan unorganik serta mengajak masyrakat dan pedagang agar jangan buang sampah dan sisa makanan sembarangan khususnya sampah plastik yang sulit terurai sehingga dapat membuat tumpukan sampah dan tersumbatnya saluran air.

“Sampah dan sisa makanan jangan dibuang di saluran air dan gorong gorong apalagi ke danau. Pisahkan sampah organik dan anorganik dan untuk sampah plastik bisa di jual ke Bank Sampah.” ucap Bupati Poltak Sitorus.

Bupati Poltak Sitorus pun berharap agar kondisi saat ini bisa jadi pembelajaran bagi masyarakat agar aliran air hujan saat curah hujan tinggi tidak mengakibatkan banjir.

“Apalagi ini daerah wisata dan jalan ini merupakan akses ke pelabuhan, kalau ini kumuh brarti ini gambaran wajah kita. Jika wilayah dermaga kita ini bersih dan indah maka wisatawanpun yang berkunjung pun akan senang” ucapannya lagi.

Pada saat bersamaan, Bupati Poltak Sitorus juga memerintahkan kepada StakeHolder terkait, camat, dan lurah Napitupulu untuk mensosialisasikan atau menghimbau para pedagang pasar untuk tidak berjualan sampai ke areal sepanjang pelabuhan dermaga balige.

Bupati Toba Ir.Poltak Sitorus mengajak seluruh masyarakat dan pedagang di seputaran dermaga balige dengan menerapkan motto “SAMPAHKU TANGGUNG JAWABKU”.

Turut mendampingi dalam kegiatan monitoring, Pj. Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Plt Asisten Administrasi Umum Verry Napitupulu, Kabag Protokol, Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno Pandapotan,dan pejabat terkait lainnya. (As)