Merdang Merdem Kerja Tahun Kuta Medan Meriah, Bobby Nasution: Bangun Medan Metropolitan Berlandas Budaya

128

MEDAN ketikberita.com | Diiringi lagu ‘Biring Manggis’, bersama seribuan muda mudi dan masyarakat Karo, Wali Kota Medan Bobby Nasution menari bersama dalam kemeriahan Merdang Merdem Kerja Tahun Kuta Medan 2023 di Lapangan Benteng Medan, Rabu (26/7) malam.

Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu yang ikut serta dalam menari massal itu, kian menambah rasa suka cita masyarakat Karo yang datang, termasuk dari wilayah lain di luar Kota Medan. Suasana kegembiraan dan keakraban begitu terasa mewarnai jalannya acara Merdang Merdem meski sebelumnya Kota Medan sempat diguyur hujan deras.

Di samping Wakil Wali Kota H Aulia Rachman, Merdang Merdem ini turut dihadiri Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, unsur Forkopimda Kota Medan, sejumlah Bupati/Wali Kota di Sumatera Utara, para tokoh masyarakat Karo, pimpinan perangkat daerah, camat dan lurah se-Kota Medan.

Dalam sambutan singkatnya, Bobby Nasution mengaku bahagia karena bisa dapat hadir di tengah-tengah masyarakat Karo yang datang dari berbagai penjuru Sumatera Utara. Bahkan, Bobby Nasution meyakini jika perayaan Merdang Merdem juga menarik masyarakat dari suku lain untuk menghadirinya.

“Ini luar biasa. Tidak semua paham tentang budaya dan tradisi Suku Karo. Namun, melalui (Merdang Merdem) ini, siapapun yang hadir, terutama bagi masyarakat lain, mereka dapat mengenal serta mengetahui apa yang menjadi adat, budaya dan tradisi Suku Karo dan menggambarkan bahwa kita kaya akan budaya, ” kata Bobby Nasution.

Menantu Presiden RI Joko Widodo itu juga mengajak semua pihak untuk sama-sama membangun Kota Medan dan bersabar karena saat ini tengah banyak dilakukan pembangunan di beberapa titik wilayah ibukota Provinsi Sumatera Utara. Bobby berharap, nantinya hasil pembangunan bisa memberi dan menjadi kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

“Kami mengajak semuanya, para orang-orang tua kami, tokoh adat, seluruh masyarakat kita bangun Kota Medan. Meskipun kota metropolitan, namun jati diri nya haruslah berlandaskan budaya. Nah, Mudah-mudahan juga, kesabaran kita dalam memahami dan menanti proses pembangunan bisa memberi manfaat untuk masyarakat secara berkesinambungan, ” harapnya.

Melihat antusiasme masyarakat Karo yang begitu tinggi, Bobby Nasution pun ingin agar perayaan-perayaan tradisi dari ragam suku seperti ini bisa lebih banyak dilakukan. “Ke depan, mudah-mudahan bisa berjalan lebih baik lagi dan semakin banyak perayaan yang berkaitan dengan tradisi kesukuan digelar, ” bilangnya.

Di penghujung acara, Bobby Nasution memberikan pertanyaan kepada muda mudi Karo dan menyerahkan sepeda sebagai hadiah bagi pemenang. Terakhir, satu orang yang beruntung berhasil membawa satu unit sepeda motor sebagai hadiah utama dalam perayaan Merdang Merdem yang berlangsung hingga 27 Juli tersebut. (red)