Masifkan Becak Sampah,Upaya Bobby Nasution Tangani Sampah Rumah Tangga

144

MEDAN ketikberita.com | Persoalan sampah menjadi perhatian serius Wali Kota Medan Bobby Nasution. Sebagai bentuk komitmennya, Bobby Nasution menjadikan masalah sampah sebagai salah satu program prioritas. Guna mewujudkannya, penanganan telah dilakukan dari hulu hingga hilir, termasuk sampah rumah tangga.

Bobby Nasution pun telah mengintruksikan jajaran Kecamatan se- Kota Medan untuk mengoptimalkan armada kebersihan untuk menangani sampah rumah tangga termasuk becak sampah yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan.

Dengan masifnya becak sampah Bobby Nasution berharap dapat mengangkut sampah di seluruh wilayah yang tidak dapat terjangkau oleh armada truk. Apalagi becak sampah tersebut kebanyakan merupakan pemberian stakeholder yang esensinya ditujukan untuk membantu dan melayani masyarakat dalam mengangkut sampah, oleh karenanya hari dioptimalkan penggunaannya.

Pengoptimalan becak sampah sesuai instruksi Bobby Nasution terus dilakukan jajaran Kecamatan, seperti di Kecamatan Medan Belawan, Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap mengungkapkan armada becak sampah setiap harinya secara masif bergerak mengangkut sampah rumah tangga di setiap rumah warga yang ada di jalan atau gang kecil.

“Jumlah armada becak sampah kita yang beroperasi dan kondisinya layak jalan berjumlah 24 unit. 15 unit diantaranya dipakai oleh petugas bestari dan melati, sisinya 9 unit dipakai oleh P3SU. Seluruh armada becak sampah ini mengakut sampah rumah tangga maupun sampah dari jalanan,” Jelas Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap ketika dikonfirmasi di kantornya, Kamis (6/7).

Menurut Camat Medan Belawan, jam operasional becak sampah ini setiap harinya mengangkut sampah dari jam 06:00 Wib pagi sampai jam 14 :00 Wib. Mereka menyisir sampah dari gang kecil atau jalan yang tidak dapat dilalui truk pengangkut sampah.

“Kita terus optimalkan penggunaan becak sampah sesyai instruksi pak Wali Kota Medan Bobby Nasution guna menjadikan wilayah Kecamatan Medan Belawan bersih dan mewujudkan program prioritas beliau dibidang kebersihan,” Jelasnya.

Subhan menambahkan agar becak sampah tetap dapat melayani masyarakat dalam mengangkut sampah, armadanya setiap hari kita bersihkan dan perawatan rutin terus kita lakukan. Meskipun saat ini ada 10 armada becak sampah yang rusak berat.

Pengoptimalan becak sampah juga dilakukan Kecamatan Medan Johor. Camat Medan Johor Chandra Dalimunthe menjelaskan Seluruh armada becak sampah yang ada dioptimalkan untuk mengangkut sampah rumah tangga masyarakat yang berada di komplek perumahan dan jalanan maupun gang – gang yang sulit terjangkau oleh truk sampah.

Menurut Chandra, setiap harinya becak sampah ini terus beroperasi menyisir dan mengangkut sampah. Hal ini sebagai upaya mewujudkan Kota Medan yang bersih sesuai program prioritas bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution.

“Becak sampah yang ada di Kecamatan Medan Johor berjumlah 26 becak. Untuk mobilitasnya becak sampah ini mulai beroperasi setiap harinya pukul 06:00 Wib sampai pukul 14:00 Wib menyisir setiap sudut wilayah di enam kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Johor. Artinya kita terus masifkan Becak sampah untuk mengangkut sampah rumah tangga,” Jelasnya.

Dijelaskan Chandra Dalimunthe agar penanganan kebersihan khususnya pengangkutan sampah rumah tangga lebih maksimal, pihaknya juga telah menghimbau kepada masyarakat untuk dapat meletakkan sampahnya di depan rumah masing-masing di pagi hari sesuai jadwal yang ditentukan.

“Agar memudahkan petugas becak sampah untuk mengangkut sampah, kira telah menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Medan Johor untuk mewadahi dan meletakkan sampahnya di depan rumah, nantinya petugas akan mengangkat sampah sesuai jadwalnya,” sebutnya. (red)