Mahasiswa FKG USU Gelar Pengabdian Periksa Gigi Anak di Sekolah Bintang Rabbani DD Waspada

342

DELI SERDANG (Sumut) ketikberita.com | Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) USU menggelar kegiatan pengabdian masyarakat periksa gigi anak di Sekolah Bintang Rabbani Dompet Dhuafa Waspada, Sabtu (4/2).

Kegiatan ini merupakan kali pertama yang dilakukan di Sekolah Bintang Rabbani yang berada di Desa Rumah Sumbul, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang.

“Tentu kegiatan ini sangat membuat kami senang, mengingat lokasi sekolah kami yang jauh dari kota sangat jarang ada kegiatan periksa gigi seperti ini,” ucap Direktur Sekolah Bintang Rabbani Amal Lubis.

Sebelum kegiatan pemeriksaan dilakukan, Wakil Dekan III FKG USU, Dr. drg. Pitu Wulandari S.psi. Sp. Perio (K) menyampaikan bahwa digelarnya kegiatan ini juga bukan tanpa alasan.

“Disamping mengadakan pengabdian, kami ikut prihatin dengan tingginya kasus gigi berlubang pada anak, masih tinggi kasus untuk masalah gigi ini,” ucapnya.

Dengan digelarnya kegiatan ini, drg. Pitu ingin masalah sakit gigi pada anak perlahan bisa diatasi.

“Kita semua berharap semoga anak-anak di seluruh Indonesia bisa terbebas dari masalah sakit gigi dan bebas dari gigi berlubang,” ucapnya.

Digelarnya kegiatan ini juga disambut baik oleh Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada Sulaiman.

“Digelarnya kegiatan ini tentu sangat baik bagi anak-anak sekolah bintang rabbani. Bukan hanya sekadar pemeriksaan gigi saja melainkan memberi motivasi untuk mereka bisa melanjutkan sekolah menjadi dokter,” ucapnya.

Sulaiman pun berharap hubungan baik antara FKG USU dengan Dompet Dhuafa Waspada dapat terus berlanjut.

“Kami berharap ini bukan yang terakhir tetapi akan berlanjut terus kerjasama antar keduanya untuk melakukan program-program yang lainnya,” ucapnya.

Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 80 mahasiswa FKG USU yang sedang menyelesaikan studi profesi di kedokteran gigi anak. Adapun siswa dan siswi yang ikut menjadi peserta pada kegiatan ini berjumlah 200 orang.

Para mahasiswa hadir di sekolah dengan turut didampingi oleh Ketua Panitia Kegiatan drg. Lutfiani MDSc, Ketua departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak drg. Ami angela harahap Sp.KGA MDSc, Sekretaris departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak drg. Zulfi Amalia Bachtiar M.DSc, serta jajaran dosen lainnnya, Manager Program Dompet Dhuafa Waspada Halimah Tusa’dyah, Manager Keuangan dan Operasional Aan Safitri, dan Manager Fundraising dan Komunikasi Hajrul Azhari Ritonga. (r/red)