Langkah Penting untuk Menghindari Oli Palsu agar Motor Kita Tidak Rusak

119
Foto : Tampak terlihat salah seorang mekanik sedang melakukan.penggantian Oli disalah satu motor honda milik konsumen.( foto.:.PT.CDN - Kepri /.Batam - Wati Siagian.

BATAM ketikberita.com | Oli sepeda motor diproduksi dengan melewati serangkaian uji coba untuk memastikan performa dan kualitasnya benar-benar sesuai dengan kebutuhan mesin sepeda motor saat ini.

Sehingga oli mampu melumasi komponen yang ada di dalam mesin agar awet dan tidak langsung bergesekan antara komponen.

Namun, maraknya peredaran oli palsu di pasaran jadi sangat merugikan pemilik sepeda motor.

Pasalnya, oli yang semestinya memberi perlindungan pada komponen mesin justru akan membuat komponen mesin mudah rusak akibat pemakaian oli palsu.

Tingginya pembelian oli sepeda motor oleh masyarakat membuat oli banyak diincar pelaku-pelaku kejahatan dengan memalsukan produk oli dari brand besar, salah satunya AHMOIL.

Agar tak salah beli, berikut hal-hal yang dapat diperhatikan untuk mengetahui keaslian AHMOIL :

1. Security Code
Security Code atau kode keamaan produk diletakkan pada tutup botol. Kode berupa angka ini akan rusak setelah tutup botol dibuka untuk memastikan tutup botol oli tak digunakan untuk kedua kali.

2. Hologram Seal
Pada bagian penutup botol terdapat hologram segel yang mengandung security code khusus dan tidak bisa ditiru.

3. QR Code
Mengadopsi teknologi terbaru berisi kode rahasia unik & memudahkan konsumen cek keaslian produk

Dalam verifikasi QR code, konsumen akan diberikan beberapa infomasi sesuai QR code yang di-scan :
1. MengInformasikan ke-valid-an oli sebagai oli genuine

2. Menginformasikan apabila oli sudah melebihi masa waktu 3 tahun sejak aktivasi di supplier oli dengan keterangan produk kadaluarsa.

3. Menginformasikan data QR tidak dapat ditemukan, indikasi barang diragukan keasliannya, sehingga jaringan atau konsumen dapat melaporkannya.

4. QR code hanya dapat di scan maksimal 5x dengan device berbeda, setelah itu akan muncul informasi keterangan bahwa QR telah melewati batas scan 5x
Berikut ini contoh preview hasil scan QR code yang valid :

Dengan system keamanan untuk menjaga keaslian AHM OIL tersebut, konsumen diharapkan dapat mengetahui dan lebih waspada terhadap oli palsu yang beredar.

Untuk mendapatkan jaminan keaslian komponen dan suku cadang sepeda motor lainnya, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di AHASS terdekat.

Gunakan layanan booking servis dan layanan kunjung untuk servis bebas antri.

“Dengan langkah-langkah ini, kami berharap seluruh konsumen bisa membedakan oli AHMOIL yang asli dengan yang palsu, dan kami anjurkan seluruh konsumen setia Honda selalu lakukan perawatan rutin di bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) karena sudah terjamin keaslian kualitasnya”, Tutup Johandi Selaku Technical Manager PT Capella Dinamik Nusantara Kepulauan Riau. (Wati Siagian)