Kunjungi Kantor Harian Analisa, Wali Kota Medan Sampaikan Lima Program Prioritas

98

MEDAN ketikberita.com | Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengunjungi kantor Harian Analisa yang berlokasi dijalan Ahmad Yani, Kec. Medan Barat, Jumat (2/7). Kunjungan Bobby Nasution ini disambut langsung oleh Pemimpin Umum Harian Analisa, Supandi Kusuma.

Selain untuk bersilaturahmi, dalam kunjungannya tersebut Bobby Nasution juga menyampaikan lima program prioritas yang saat ini sedang fokus untuk diselesaikan oleh Pemko Medan. Kelima program prioritas tersebut diantaranya kesehatan, infrastruktur jalan, banjir, kebersihan dan kawasan heritage guna meningkatkan perekonomian.

Dalam suasana penuh keakraban Bobby Nasution menjelaskan bahwa Pemko Medan terus berupaya memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Kota Medan. Selain memberlakukan PPKM berskala Mikro yang ketat, Pemko Medan juga menggelar vaksinasi covid-19 secara massal. Vaksinasi covid-19 ini diprioritaskan terhadap tenaga kesehatan, pelayan publik dan lansia.

“Masyarakat Kota Medan yang sudah di vaksinasi sampai saat ini sebanyak 48,69%, vaksinasi ini kita prioritaskan kepada mereka yang rentan tertular covid-19.”kata Bobby Nasution yang hadir didampingi Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Mansursyah, Kabag Prokopim, Arrahman Pane, dan Camat Medan Barat, Rudi Faizal Lubis.

“Sedangkan untuk Rumah Sakit yang menangani covid-19 sebanyak 43 Rumah Sakit dengan ketersediaan tempat tidur 8292 unit. Tempat tidur ICU yang terpakai 236 atau sebesar 46,61%. Sementara, tempat tidur rawat inap isolasi tercatat 1986 unit dan yang terpakai 33,05%.”lanjutnya.

Selanjutnya lagi yang kedua terkait dengan permasalahan banjir di kota Medan, Bobby Nasution menerangkan bahwa Pemko Medan bersama dengan BWS Sumatera II telah sepakat untuk melakukan normalisasi terhadap tiga sungai yang melintasi kota Medan diantaranya sungai bedera, sungai babura dan sungai deli. Selain itu juga mengoptimalkan pembangunan drainase perkotaan. Bobby Nasution ingin agar setiap pembangunan drainase harus jelas kemana arah aliran air mengalir, jangan sampai terjadi genangan air didalam drainase.

“Untuk normalisasi sungai sudah kita sepakati bersama BWS Sumatera II ada tiga sungai yaitu Bedera, Deli dan Babura, sedangkan untuk pembangunan drainase kita sedang menyusun rencana teknisnya tujuanya agar pembangunan drainase nantinya optimal tidak asal-asalan.”terang Bobby Nasution.

Selanjutnya lagi yang ketiga adalah di bidang infrastruktur jalan. Bobby Nasution telah menargetkan perbaikan jalan berlubang harus dapat diselesaikan dalam jangka waktu dua tahun dengan tetap memperhatikan kualitas pembangunan jalan tersebut.

Sementara itu yang keempat di bidang kebersihan. Pemko Medan telah menargetkan akan menggunakan sistem sanitary landfill sebagai tempat pembuangan akhir sampah dan menyerahkan penanganan sampah ke Kecamatan agar penanganannya lebih cepat.

Kemudian program prioritas ke lima adalah pembenahan kawasan heritage. Penataan dan pembenahan kawasan heritage atau kawasan Kesawan juga akan diikuti dengan mengembalikan fungsinya. Selain itu juga pembenahan kawasan Kesawan ini dipadukan dengan branding The Kitchen of Asia yakni memadukan dua potensi antara kelezatan dan atraktifitas penyajian kuliner dengan nilai sejarah dan budaya yang terkandung di dalamnya.

“Saat ini untuk penataan dan pembenahan kawasan Kesawan telah memiliki badan pengelola yang dipimpin langsung Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman. Dimana sebelum membentuk badan pengelola ini, kami telah belajar dan mencari info dari kota-kota lainnya yang juga memiliki kota tua seperti Jakarta dan Semarang.

Jadi Badan Pengelola ini nantinya yang membuat peraturan mengenai kawasan Kesawan ini misalnya nanti dibuat beberapa bangunan untuk kuliner dan beberapa bangunan lainnya untuk yang lain. Karena kawasan Kesawan ini masuk ke dalam cagar budaya, jadi ada hukum yang mengatur. Tentunya dalam pengerjaan ini kami bekerjasama dengan Kementerian PUPR dan juga USU serta konsultan.” jelas Bobby Nasution.

Sementara itu Pemimpin Umum Harian, Analisa Supandi Kusuma mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Bobby Nasution sejak menjabat sebagai Wali Kota Medan.

“Sejak Pak Bobby menjadi Walikota, urusan yang selama ini lama menjadi lebih cepat. Penanganan Covid-19 juga banyak yang menyatakan bagus,” ucap Supandi.

Dirinya juga memotivasi Bobby Nasution untuk bekerja lebih keras, agar Medan terus berkembang menjadi lebih baik.

“Kita harus lebih baik dibanding kota atau daerah lain,” pintanya.

Di kesempatan itu, Supandi menyarankan Pemko Medan menyiapkan ahli untuk merawat pepohonan.

“Jika pohon itu masih bisa dirawat, silakan rawat. Kalau sudah tak layak, sebaiknya ditebang agar tidak menimbulkan korban seperti peristiwa beberapa hari lalu,” tandasnya. (er)