Kuliner Halal, Aman, dan Sehat Nilai Plus Bagi Pariwisata Medan

132

MEDAN ketikberita.com | Kuliner halal, aman, dan sehat merupakan nilai plus bagi Medan karena memberikan rasa nyaman dan aman pada wisatawan muslim yang berkunjung ke kota ini.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan Perindustrian (Diskop UKM Perindag), Erwin Saleh, saat menghadiri kegiatan Penutupan Pekan Kuliner Halal Aman Sehat (KHAS), Sabtu (5/8) malam.

Kegiatan yang berlangsung mulai 1 Agustus di Jalan Mesjid Raya Medan ini diselenggarakan Majelis Ulama Medan (MUI) Medan dengan dukungan penuh Pemko Medan melalui dana hibah dan keterlibatan perangkat-perangkat daerah.

“Medan kota berbilang kaum, berbilang bangsa, berbilang agama, dan kepercayaan, sehingga masih ada stigma di kalangan masyarakat luar bahwa di kota ini susah untuk mencari kuliner halal. Padahal, faktanya sangatlah mudah untuk mencari aneka ragam kuliner halal di kota ini. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan Pekan Kuliner Halal Aman Sehat ini penting kita gelar,” ucap Erwin.

Kota ini, lanjutnya, dihuni oleh etnis yang beragam. Mulai dari Melayu, Mandailing, Batak, Karo, Jawa, Minang, India, Tonghoa dan berbagai etnis hadir mewarnai kota ini. Kuliner Medan jadi begitu variatif, baik tampilan, aroma, maupun citarasanya.

Ditambahkannya, kuliner di Medan diolah dengan citarasa yang tinggi dan tetap memanfaatkan kearifan lokal. Banyak bumbu dan rempah yang digunakan merupakan ciri khas Sumatra Utara.

“Kuliner-kuliner ini ternyata cukup ampuh menggoyang lidah para pengunjung Pekan KHAS tahun ini. Kami yakin, dengan persiapan lebih matang dan kemasan lebih menarik, kegiatan ini mampu menjadi promosi pariwisata sekaligus menjadi daya tarik tersendiri yang bisa mendatangkan wisatawan, terutama wisatawan muslim domestik maupun mancanegara,” ungkapnya.

Erwin menyampaikan apresiasi pada Majelis Ulama Indonesia Kota Medan yang telah bersusah payah menggelar kegiatan ini.

“Dukungan penuh Pemko Medan untuk kegiatan ini juga merupakan wujud apresiasi kami kepada para pelaku bisnis kuliner halal atas sumbangsih dan dedikasinya selama ini,” ujarnya.

Dalam penutupan kegiatan ini, Ketua Umum MUI Medan, Dr. H. Hasan Matsum mengungkapkan terima kasih atas dukungan penuh Pemko Medan sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik. Pada malam itu uga diberikan hadiah kepada para pemenang Lomba Marhaban, Salawat, Masak Gulai Lemak. Selain itu, penyelenggara pun memberikan penghargaan kepada tiga stand terbaik. (red)