Kota Medan Raih PPD Tahun 2023 Terbaik Pertama, Bobby Nasution: Alhamdulillah, Berkat Kolaborasi

194

MEDAN ketikberita.com | Kota Medan berhasil meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023 kategori Kota Terbaik Pertama di Provinsi Sumatera Utara. Sementara itu terbaik kedua diraih Kota Padang Sidempuan, sedangkan terbaik ketiga ditempati Kota Pematang Siantar.

Penghargaan ini diberikan dalam acara TOP Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Sumut Tahun 2024 di Santika Premiere Dyandra Hotel, Medan, Rabu (12/4).

Penghargaan tersebut diberikan langsung Gubsu Edy Rahmayadi kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution disaksikan seluruh Bupati dan Wali Kota se-Sumut yang menghadiri TOP Musrenbang RKPD Sumut 2024 tersebut. Sedangkan untuk PPD Tahun 2023 kategori Kabupaten Terbaik, Kabupaten Deliserdang berhasil meraih Terbaik Pertama, Serdang Bedagai (Terbaik Kedua) dan Labuhanbatu (Terbaik Ketiga).

“Alhamdulillah berkat kolaborasi yang dilakukan selama ini, termasuk dengan masyarakat, Pemko Medan berhasil meraih PPD Tahun 2023 Terbaik Pertama. Terima kasih atas kolaborasi dengan seluruh stakeholder dan masyarakat dalam upaya percepatan pembangunan Kota Medan,” kata Bobby Nasution usai menerima penghargaan.

Menantu Presiden Joko Widodo ini selanjutnya berharap, agar hasil Musrenbang RKPD Sumut 2024 dapat menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan kota dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Sumut.

Selain PPD kategori Kabupaten dan Kota terbaik, TOP Musrenbang RKPD Sumut 2024 juga memberikan penghargaan kepada Kabupaten dan kota yang dinilai berhasil dalam pelaksanaan 8 aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2022. Kemudian, penghargaan terhadap kabupaten dan kota dalam penurunan stunting berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2022 serta penghargaan kepada kabupaten dan kota yang dinilai dengan praktik baik (Inovatif, Inspiratif dan Replikatif) Tahun 2022.

Sebelumnya, Edy Rahmayadi sebelum membuka Musrenbang RKPD Sumut 2024 dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang merupakan dokumen negara. Tanpa Musrenbang, bilangnya, pemerintah daerah tak akan bisa bekerja. Diungkapkannya, jumlah usulan yang disampaikan kabupaten/kota dalam Musrenbang RKPD Sumut 2024 sebanyak 3.133 usulan.

“Sebanyak 3.133 usulan ini berasal dari pra Musrenbang yang dilakukan. Dari jumlah usulan tersebut, total usulan yang diakomodir sebanyak 2.078 usulan, sedangkan total usulan yang belum diakomodir sebanyak 1.055 usulan. Insya Allah usulan yang belum diakomodir akan kita akomodir,” ungkap Edy Rahmayadi. (er)

 

Artikulli paraprakGubernur Edy Rahmayadi Pastikan Musrenbang RKPD 2024 Bersifat Bottom Up
Artikulli tjetërSilaturahmi dengan Para Atlet, Edy Rahmayadi : Kalian Harus Jadi Pemenang di PON XXI