Komsos Dengan Petani, Serda Sharul Ilham Sambangi Kebun Kakao

129

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Komsos merupakan salah satu metode pembinaan teritorial yang rutin dilakukan setiap aparat kewilayahan, guna menjalin keakraban maupun sinegritas antara Babinsa dengan seluruh komponen masyarakat yang ada diwilayah binaan.

Kali ini kegiatan komsos dilakukan oleh Babinsa Koramil 17/Idi Tunong Kodim 0104/Atim Serda Sahrul Ilham dengan menyambangi perkebunan kakau milik Nurdin Jalil (52) yang berlokasi di Desa Blang Minje, Kecamatan Idi Tunong, Kabupaten Aceh Timur, Senin (7/3/2022).

Dalam Komsosnya kali ini Babinsa berkesempatan berbagi ilmu dan berutkar pikiran dengan memberikan motivasi kepada petani untuk lebih mengembangkan hasil produksi kakao dan secara tidak langsung dapat meningkatkan menumbuhkan perekonomian para petani kakao yang ada didesa.

“Kami sebagai Babinsa hanya bisa memberikan arahan dan motivasi kepada para petani yang menjadi wilayah binaan, tentunya selain itu dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi dalam menjalin kebersamaan bersama para petani,” imbuh Serda Sahrul.

Selanjutnya kita juga berdiskusi tentang perawatan tanaman dengan melkukan pemupukan yang menggunakan pupuk organik, dengan tujuan agar pupuk yang diserap tanaman bisa memenuhi kebutuhan tanaman sehingga pertumbuhan dan perkembangan tanaman bisa optimal dan dapat menghasilkan buah yang maksimal.

Dengan kegiatan Komsos dari Babinsa, Nurdin Jalil selaku pemilik lahan mengucapkan terima kasih kepada Pak Babinsa yang sudah menyambangi kebun kakao miliknya.

“Selain berdiskusi tentang pemupukan tanaman Babinsa juga berharap agar para petani kakao di Desa Blang Minje ini tetap bersemangat dalam bertani, guna meningkatkan produktivitas tanaman kakao,” pungkasnya. (AA)