Kodim 1430/Konawe Utara Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan Bencana Alam

124

KONUT (Sulawesi Tenggara) ketikberita.com | Personel gabungan dari jajaran Kodim 1430/Konawe Utara, Polres Konawe Utara, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara bersama relawan mengikuti apel kesiapsiagaan bencana yang digelar Di Kabupaten Konut dan Kodam XIV/HSN secara hybrid, di Makodim 1430/Konut desa Banggarema Kec.Andowia Kab.Konut, Rabu (17/01/2024).

Adapun yang Hadir dalam Apel Gelar Kesiapsiagaan Bencana Alam,H. Abuhaera,S.Sos,M.Si (Wakil Bupati Konut), Mayor Inf Umar Sachruna S.sos (Kasdim 1430/Konut), Kapten Inf Saripudin (Pasi Ops Dim 1430/Konut), Akp Sunari kabag Ops(Mewakili Kapolres Konut), Kapten Inf Sulhan (Pasi Intel Dim 1430/Konut), Akp I Kade Agus Budianto (Kapolsek Asera), Letda Inf Muh.Daud (Danunit Inteldim 1430/Konut), Letda Inf La Beda (Plh.Danramil 1430-01/Lasolo), Jasmidin (Kadis Damkar Kab.Konawe Utara), Nasrudin SH. (Kadis Sosial Kab.Konut), Muh.Aidin (Kepala BPBD Kab.Konut), Dedi Irawan (Kapos Basarnas Kab.Konut)

Komandan Kodim 1430/Konawe Utara Letkol Kav Sofyan, memastikan seluruh personel dan kelengkapan peralatan penanganan kebencanaan dalam keadaan siap. Ia menyebut Berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Maritim Kendari memprediksi beberapa hari kedepan di wilayah Sultra akan dilanda hujan disertai guntur dan angin kencang yang di deteksi di wilayah Kolaka, Kolaka Utara, Koltim, Muna, Mubar, Wakatobi, Konawe, Konut, Konsel, Kendari, Baubau, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara, dan Bombana.”

Selain itu TNI juga telah gencar melakukam giat pembersihan sungai dan drainase saluran air yang kerap tersumbat sampah.

“Dalam rangka pelaksanakan apel gelar kasiapsiagaan dan penanggulangan bencana alam ini adalah salah satu tugas yang tercantum dalam UU RI No.34 Tahun 2004 tentang TNI dan Doktrin TNI AD adalah melaksanakan Operasi Militer  Selain Perang (OMSP), diantaranya membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan,Maka dari itu, Kodim 1430/Konut melaksanakan  Apel kesiap siagaan penanggulangan bencana alam di Wilayah Kodim 1430/Konut, untuk melihat dan mengecek sejauh mana kesiapan personil, materiil, alutsista, sarana prasarana dalam rangka menanggulangi bencana alam di wilayah Kab.Konut..”ungkap Letkol Kav Sofyan.

Letkol Kav Sofyan mengatakan Pada akhir tahun 2023 sampai dengan awal tahun 2024, curah hujan di wilayah kab Konawe utara cenderung cukup tinggi dan berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor di berberapa wilayah. Oleh karena itu kita harus memiliki kewaspadaan dan kesiap siagaan yang maksimal.

Saya ingatkan kepada Seluruh prajurit sekalian agar jangan pernah lengah dengan tugas, jangan pernah lengah dengan potensi ancaman yang ada di alam, kedepannya kita akan dihadapkan dengan curah hujan yang cukup tinggi, Saya harap kepada seluruh para Danramil jajaran Kodim 1430/Konut dan seluruh unsur terkait  sudah menyiapkan Anggotanya yang setiap saat Siap digerakkan.”tutupnya. (red)