Ketua Komisi I DPRD Kota Tangerang Dorong ASN Tingkatkan Kinerja

235

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Ketua Komisi I DPRD Kota Tangerang H Junadi minta agar kinerja para ASN di lingkup Pemkot Tangerang khususnya UPT Jalan dan Tata Air Wilayah Timur Dinas PUPR yang baru-baru ini disidak oleh Walikota Tangerang Arief R Wismansyah terus meningkat.

Sebab saat sidak beberapa waktu lalu Arief dibuat sempat dibuat kecewa lantaran menemukan ketidakdisiplinan saat bertandang ke sana dari pegawai UPT yang bertanggungjawab atas perbaikan jalan lingkungan dan drainase di lima kecamatan.

“Ini harusnya tidak boleh terjadi pada ASN maupun OPD mana pun di Kota Tangerang, namanya pimpinan kapan saja dan di mana saja bisa datang, tidak perlu menunggu waktu, ini luar biasa Walikota kita. Sebagai ASN harusnya memang siap,” ucap Junadi saat ditemui, Senin (14/11/2022) di Gedung DPRD Kota Tangerang.

Dia menekankan, terkhusus kepada UPT Timur, tidak ada pilihan lain selain harus siap. “Bukan UPT saja sih sebetulnya, semua harus siap. Kapan pun ditanya atau dicek kesiapan dalam kinerja bidangnya masing-masing, terlebih UPT berfungsi mempercepat pembangunan di tingkat bawah ya harus siap. Kalau mengandalkan PUPR secara umum kan lama,” katanya.

Dia menilai dengan dari sidak tersebut, akhirnya terlihat beberapa poin kekurangsiapan dari UPT, baik dalam menjawab pertanyaan maupun dilihat langsung terkait perblanjaan. “Harusnya mereka hari ini ke sini, namun belum karena terjadi banjir. Biar mereka bekerja untuk masyarakat dulu, untuk menangani banjir,” ujar wakil rakyat dari Fraksi Partai Gerindra ini.

Pria yang juga menyebut diri tentara muda pejuang politik besutan Prabowo Subianto ini meminta agar para ASN di lingkup Pemkot Tangerang tidak menunjukkan kinerja ketika hanya terlihat oleh pimpinan saja, tetapi harus bekerja dengan fungsinya masing-masing. “Harus menguasai bidangnya, harus menguasai tugasnya dan siap ditanya kapan saja,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya selaku Ketua Komisi I yang memiliki kewenangan untuk menilai dan memberi masukan kepada ASN berharap ASN bisa bekerja ikhlas. “Kapan pun, kalau saran kami setiap ASN dari OPD mana pun dicek wali kota maupun lainnya supaya siap, untuk itu kepada para ASN tunjukkan kinerja mu dengan semaksimal mungkin,” ucapnya pria yang memutuskan pensiun dini sebagai anggota militer ini.

Termasuk ujarnya soal kerapihan. ASN katanya tempatnya harus bersih, rapi. “Orangnya juga harus rapi dari ujung rambut hingga ujung kaki, sepatu dan baju,” sarannya. Namun begitu di musim banjir ini, dia hanya bisa mengucapkan selamat bekerja. “PUPR luar biasa, terlebih UPT, sebab mereka membantu kepentingan masyarakat,” pungkasnya. (Mir)