Kadis Kominfo Medan Arrahmaan Pane Berharap Perangkat Daerah Tanggap pada Pengaduan Masyarakat

29

MEDAN ketikberita.com | Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Medan Arrahmaan Pane, mengharapkan perangkat daerah di lingkungan Pemko tanggap pada pengaduan masyarakat terkait pembangunan maupun pelayanan publik, baik yang disampaikan melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) maupun akun media sosial Wali Kota Medan.

Hal ini diungkapkannya saat menutup Bimtek dan Konsolidasi Tim Pengelola SP4N LAPOR! Pemko Medan, Kamis (29/2) sore di Hotel Sakura. Hadir dalam kegiatan itu perwakilan USAID ERAT Dwi Widiastuti, Direktur Eksekutif Pattiro Bejo Untung, perwakilan Kemen PANRB Shinta, Kabid Statistik dan Informasi Publik Rizka Firdahlia, dan peserta yang terdiri atas pengelola SP4N LAPOR! di lingkungan Pemko Medan dan Perumda Tirtanadi.

“Kita berharap ke depan lebih cepat merespons pengaduan-pengaduan yang disampaikan masyarakat di SP4N LAPOR!,” ucap Arrahmaan.

Arrahmaan juga menekankan, saat ini masyarakat suka pula menyampaikan pengaduan langsung ke akun Instagram Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

“Dan Pak Wali juga menanggapi komentar maupun DM yang masuk ke akun Instagram-nya. Karena itu, diharapkan admin media sosial perangkat daerah tanggap jika ada pengaduan maupun komentar yang terkait dengan dinas maupun kecamatannya,” harap Arrahmaan.

Pada bagian lain, Arrahmaan mengingatkan agar admin media sosial perangkat daerah menyampaikan pembangunan yang sudah yang telah dilakukan Pemko Medan di bawah kepemimpin Wali Kota Bobby Nasution.

“Ini merupakan tahun terakhir periode kepemimpinan Wali Kota Bobby Nasution. Sampaikan kepada masyarakat apa yang telah dikerjakan oleh masing-masing perangkat daerah,” ungkapnya.

Arrahmaan mengatakan, banyak yang telah dilakukan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan, namun belum tersampaikan dengan utuh kepada masyarakat.

“Untuk itu, harus ada koordinasi baik agar kemasan informasi yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Dengan demikian, seluruh percepatan pembangunan yang kita lakukan diketahui masyarakat,” pesannya.

Pada bagian akhir, Arrahmaan mengungkapkan terima kasih kepada USAID ERAT dan Pattiro yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Dia berharap kegiatan ini membuat tim pengelola SP4N LAPOR! kian semangat dan aktif dalam melayani setiap pengaduan masyarakat.

Senada dengan Arrahmaan, perwakilan USAID ERAT Hawari Hasibuan mengatakan, peserta kegiatan yang juga tim pengelola SP4N LAPOR! garda terdepan dalam memberikan pelayanan pengaduan masyarakat.

“Pengaduan itu harus direspons dengan baik, dilayani dengan baik, kemudian dijawab dengan baik. Ini salah satu upaya kita dalam memperbaiki pelayanan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, melalui SP4N LAPOR! masyarakat dapat memberikan penilaian dengan jujur tentang kinerja pemerintah. Ini artinya, bukan hanya komplain atau pengaduan yang bisa disampaikan, tetapi juga apreasiasi pada kinerja pemerintah.

“Ketika mendapatkan pelayanan yang baik, masyarakat juga bisa menyampaikannya melalui SP4N LAPOR!,” ungkapnya.

Kegiatan yang berlangsung sejak Rabu (28/2) ini merupakan kerjasama antara Dinas Kominfo Medan bekerja sama dengan USAID Erat dan Pattiro ini. Pada hari pertama pelaksanaan, Direktur Eksekutif Pattiro Bejo Untung mengungkapkan, pihaknya dipercaya USAID ERAT mengawal pelaksanaan pengelolaan pengaduan SP4N Lapor! di 12 kabupaten/kota.

“Kita sudah berkeliling ke sembilan kabupaten/kota dan Medan adalah kota kesepuluh yang kami kunjungi,” ungkapnya seraya berharap kegiatan ini bermanfaat bagi upaya peningkatan layanan publik di Medan. (red)