Kabag Log Polres Tebing Tinggi Saksikan Panen Raya Padi Bersama dan Pemberian Bantuan Alat Panen Padi

60

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Sumut diwakili Mhd. Zuhaini serta forkopimda yang terdiri dari Pj. Walikota Tebingtinggi diwakili Sekdako H. Kamlan, Kapolres Tebingtinggi diwakili Kabag Log AKP Daniel Parlindungan Sinaga, S.H, Kejari Tebingtinggi diwakili Juanda Panjaitan, Camat Bajenis Dira Astama, S.STP, Kanit Tipidter Iptu F. Sitepu, S.H mengikuti panen raya padi bersama dan menyaksikan pemberian bantuan alat panen padi kepada Kelompok Tani Mandiri Kota Tebingtinggi, Rabu (03/4/2024).

Pemberian bantuan alat panen padi ini adalah merupakan bantuan dari Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI kepada Kelompok Tani Mandiri Kota Tebingtinggi yang berlangsung di lahan persawahan Kelompok Tani Sahata Jalan Bangau Kelurahan Bulian Kecamatan Bajenis Kota Tebingtinggi dengan jenis bantuan berupa 1 unit alat mesin pertanian Combine Harvester Besar padi Merk INARI RG 118 1, benih padi untuk 50 Ha sawah, 15 unit Hand Sprayer Elektrik TKP HSP2 dan 1 unit Kultivator.

Kadis Pertanian Kota Tebingtinggi Marimbun Marpaung mengatakan kegiatan panen padi bersama ini adalah kegiatan yang sangat baik karena dengan adanya lahan persawahan, kebutuhan beras untuk masyarakat Kota Tebingtinggi dapat terpenuhi.
Selain kegiatan panen padi bersama kita juga akan menyerahkan 1 unit alat mesin pertanian yang merupakan bantuan dari Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI tahun anggaran 2024 kepada kelompok tani sebagai program Optimalisasi Peningkatan Indeks Pertanaman (OPIP).

“Combine padi yang akan diberikan kepada kelompok Tani Mandiri boleh dipinjam pakaikan kepada kelompok tani Kota Tebingtinggi lainnya. Kami berharap dengan adanya alat panen padi yang diberikan ini dapat membuat petani lebih semangat dalam meningkatkan produktivitas ketahanan pangan,” ucapnya.

Sementara Kadis Pertanian Pemprov Sumut diwakili Mhd Zuhaini mengatakan harus berbangga karena untuk Provinsi Sumatra Utara hanya Kota Tebingtinggi yang mendapatkan bantuan alat panen padi jenis Combine ini dari Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI.

Menurutnya, penyebab inflasi termasuk salah satunya adalah beras, namun akan dilakukan upaya kongkrit dalam mencegah terjadinya inflasi salah satu cara adalah mengusahakan alat panen Combine padi khusus Kelompok Tani Kota Tebingtinggi.

“Combine padi ini bukan hanya milik satu kelompok namun kelompok tani lainnya boleh menggunakannya. Mudahan – mudahan alat ini dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas pangan di Kota Tebingtinggi,” pungkasnya.

Pj Sekda Kota Tebingtinggi H. Kamlan menyampaikan bahwa pemberian bantuan Combine padi merupakan bantuan APBN Dirjen Pertanian RI. Pelaksanaan panen padi yang dilaksanakan hari ini agar pengurus kelompok tani bisa mempergunakan dan memanfaatkan dan merawat dengan baik alat Combine yang telah diberikan.

“Pemerintah Kota Tebingtinggi juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemprovsu atas bantuan dan partisipasinya dalam memajukan kelompok Tani di Kota Tebingtinggi. Mudahan mudahan apa yang telah dibuat oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi dapat bermanfaat bagi kemajuan perekonomian di Kota Tebingtinggi,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan combine padi dan pelaksanaan panen raya padi bersama dengan alat Combine Harvester besar. (ar)