Jelang Pemilu 2024, KPU Kota Tebing Tinggi Gelar Rakor Tingkatkan Kapasitas Badan Adhoc

66

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tebingtinggi adakan Rapat Koordinasi (Rakor) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Kegiatan dimaksud digelar di Aula Theme Park Pantai Cermin, Jalan H. Tengku Rizal Nurdin, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, tepatnya Selasa – Rabu 5 sampai 6 Desember 2023.

Rakor tersebut dihadiri Ketua KPU Kota Tebingtinggi Emil Sofyan bersama dengan komisioner lainnya yakni, Syaifuddin Okta Rambe, M. Syahri Ramadhan Damanik, M. Iqbal, Leonard Varera Tampubolon dan Sekretaris Naharuddin serta jajaran staf KPU Kota Tebingtinggi.

Adapun peserta dalam kegiatan rakor yaitu seluruh badan adhoc yang terdiri dari ketua serta anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitian Pemungutan Suara (PPS) dari 5 (lima) kecamatan dan 35 kelurahan yang ada se-Kota Tebingtinggi.

Adapun kegiatan rakor ini dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas badan adhoc sebagai penyelenggara pemilu tahun 2024, sekaligus perkenalan perdana antara komisioner KPU kepada PPK dan PPS se-Kota Tebingtinggi. Dimana tahapan pemilu terus berjalan dan hampir memasuki tahapan perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebagai penyelenggara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilu tahun 2024 nantinya.

Ketua KPU Kota Tebingtinggi Emil Sofyan dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan rakor, mengawalinya dengan memperkenalkan diri sebagai Ketua KPU Kota Tebingtinggi yang baru dilantik oleh KPU pusat di Jakarta pada tanggal 30 Oktober 2023 lalu bersama dengan 4 (empat) komisioner lainnya.

Selanjutnya, Emil Sofyan yang menjabat sebagai Koordinator Divisi Umum, Keuangan dan Logistik ini memperkenalkan satu persatu 4 (empat) komisioner lainnya serta koordinator sekretariat yang baru dihadapan seluruh peserta rakor.

Emil Sofyan yang juga sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Padang Hilir itu menyebutkan masing-masing rekan kerjanya, yakni Syaifuddin Okta Rambe menjabat Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan sekaligus Korwil Kecamatan Tebingtinggi Kota dan M. Syahri Ramadhan Damanik menjabat Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan juga sebagai Korwil Kecamatan Bajenis.

Berikutnya M. Iqbal menjabat Koordinator Divisi Parmas, Sosdiklih dan SDM, juga sebagai Korwil Kecamatan Rambutan dan Leonard Varera Tampubolon menjabat Koordinator Divisi Data dan Perencanaan, juga sebagai Korwil Kecamatan Padang Hulu. Sedangkan Koordinator Sekretariat KPU Kota Tebingtinggi yang baru dijabat Naharuddin, kata Emil Sofyan satu-satunya komisioner KPU Kota Tebingtinggi yang tersisa dari periode sebelumnya.

Usai menyampaikan perkenalan kepada para peserta, lalu Ketua KPU Kota Tebingtinggi ini membuka secara resmi kegiatan rakor yang ditandai dengan memukul Gong bersama dengan anggota komisioner KPU lainnya dan acara dilanjutkan dengan sekilas pemaparan pengantar dari masing-masing komisioner atas divisi tugasnya sebagai penyelenggara pemilu. (ar)