Institut Fundraising Indonesia Bersiap Gelar IFA 2023

97

JAKARTA ketikberita.com | Pada Selasa (21/11/2023), Institut Fundraising Indonesia (IFI), menggelar sidang pleno. Guna menentukan penerima penghargaan dalam ajang Indonesia Fundraising Award (IFA) 2023 yang bertempat di 101 urban Takes Hotel Thamrin, Jakarta.

Pada tahun 2023, IFA memasuki pergelaran ke 4 diharapkan dapat mendorong lembaga sosial dan gerakan pendukung kemanusiaan lainnya agar termotivasi untuk selalu menjaga profesionalisme dan kepercayaan public. Tahun ini, IFA membuka 48 kategori untuk lembaga dan 12 Anugerah kepada tokoh public serta korporasi karena pertumbuhan dan perkembangan dunia filantropi dari tahun ke tahun.

Ahmad Juwaini,Direktur KNEKS sekaligus ketua dewan juri IFA Awards 2023 mengatakan Tujuan dari Indonesia Fundraising Award ini adalah megapresiasi pihak-pihak atau lembaga yang selama ini sudah melakukan kegiatan fundraising, berdedikasi, berjuang dan pengabdian di bidang fundraising.

Kami juga ingin mendorong peningkatkan fundraising itu sendiri. Selain itu secara tidak langsung kegiatan ini terus mendorong semangat kepedulian dalam konteks kemanusiaan, pemberdayaan, pembangunan dan kebajikan akan terus terdorong.”

IFA 2023, diisi oleh para dewan juri yang kompeten di bidangnya, di antaranya Ahmad Juwaini (Direktur KNEKS), Agus Budiyanti (Direktud Forum Zakat), Fatchuri (Direktu IMZ), Sri Sugiyanti (General Manager IFI), dan Iqbal Setiyarso (Pimpinan Redaksi Filantropi) dan Abdul Ghofur.

Data Nominasi IFA AWARD Penambahan

1. FUNDRAISING ZAKAT TINGKAT KABUPATEN/KOTA TERBAIK

2. FUNDRAISING ZAKAT TINGKAT PROVINSI TERBAIK

3. FUNDRAISING INFAK SEDEKAH TINGKAT KABUPATEN/KOTA TERBAIK

4. FUNDRAISING INFAK SEDEKAH TINGKAT PROVINSI TERBAIK

5. PLATFORM FUNDRAISING DIGITAL LAZ TERBAIK

6. FUNDRAISING ZIS BERBASIS KORPORASI TERBAIK

7. FUNDRAISING KEMANUSIAAN BERBASIS KORPORASI TERBAIK

8. KAMPANYE FUNDRAISING ZAKAT TERBAIK

9. FUNDRAISING OLEH RUMAH SAKIT TERBAIK

10. FUNDRAISING ZAKAT BAZNAS PROVINSI TERBAIK

11. FUNDRAISING ZAKAT BAZNAS KABUPATEN/KOTA TERBAIK

12. FUNDRAISING KEMANUSIAAN BAZNAS TERBAIK

13. FUNDRAISING OLEH LEMBAGA MASJID TERBAIK

14. EVENT FUNDRAISING TERBAIK

15. FUNDRAISING WAKAF QUR’AN TERBAIK

16. FUNDRAISING PROGRAM KESEHATAN TERBAIK

17. FUNDRAISING PROGRAM LINGKUNGAN TERBAIK

18. FUNDRAISING PROGRAM BEASISWA TERBAIK

19. FUNDRAISING PROGRAM JEMBATAN TERBAIK

20. FUNDRAISING PROGRAM PANGAN TERBAIK

21. FUNDRAISING PROGRAM PEMBANGUNAN MASJID TERBAIK

Untuk menentukan para penerima penghargaan, 63 lembaga mengikuti serangkaian proses mulai dari pengamatan, penjurian melalui zoom meeting serta penilaian yang telah dijalankan sejak tanggal 30 September 2023 sampai 18 November 2023. Para Lembaga tersebut antara lain:

Abata Indonesia, Anak Petani Cerdas, Assyifa Peduli, Badan Wakaf Al-Quran, Baznas, Baznas Bazis DKI Jakarta, Baznas Kabupaten Bone, Baznas Kabupaten Karang Anyar, Baznas Kota Batam, Baznas Provinsi Jawa Barat, Baznas Provinsi Jawa Tengah, Baznas Provinsi NTB, Baznas Provinsi Papua, BSI Maslahat, Dompet Al-Quran Indonesia, Dompet Dhuafa, Domyadhu, Human Initiative, Hutan Wakaf Bogor, Indonesia Corruption Watch, Kitabisa, LAZ As Salam Jayapura, LAZ Dasi NTB, LAZ Harapan Dhuafa, LAZ Persis, LAZ Solo Peduli, LAZ Ummul Quro.

LAZ Zakat Sukses, Lazis Al Hilal, Lazis Jateng, Lazis Muhammadiyah, Laznas Al Azhar, Laznas Baitul Maal Hidayatullah, Laznas Baitulmaal Muamalat, Laznas Inisiatif Zakat Indonesia, Laznas Nurul Hayat, Laznas PPPA Daarul Quran, Laznas Rumah Yatim Arrohman Indonesia, LBH Jakarta, Lembaga Manajemen Infaq, Masjid Nusantara.

Perkumpulan IOA, Rumah Amal Salman, Rumah Bersalin Cuma-Cuma, Rumah Zakat, Sajiwa Foundation, Sebi Social Fund, Sinergi Foundation, Taman Zakat Indonesia, Tunas Muda Care, Wahdah Inspirasi Zakat, Wakaf Mandiri, Wakaf Nurul Taqwa Indosat, Wakaf Salman, Yatim Mandiri, Yayasan Amanah Takaful, Yayasan Dana Sosial Al Falah, Yayasan Masjid Al Hidayah Modernland, Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia, YBM Brilian, dan YBM PLN.

IFA AWARD 2023 akan ditutup dengan acara puncak penganugrahan kepada Lembaga Lembaga terpilih pada hari rabu 13 Desember 2023 di Auditorium Insan Cendikia Universitas Muhammadiyah Jakarta yang akan dihadiri oleh pimpinan Lembaga dan artis ibu kota. (r/red)