H.Marzuki Hamid Peusijuk 88 Jama’ah Calon Haji Kota Langsa

300

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM serta Ketua MPU Tgk. H. Salahuddin Muhammad, SU,D dan Kakankemenag Kota Langsa Drs. H. Hasanuddin, MH mempeusijuk 88 jama’ah calon haji (JCH) Kota Langsa, bertempat di Mesjid Agung Darul Falah Kota Langsa, Selasa (7/6/2022).

Wakil Walikota Langsa dalam sambutannya menuturkan bahwa jamaah haji tahun ini di kota Langsa sebanyak 88 orang yang terdiri 53 laki-laki dan 35 perempuan.

Dikatakannya, jama’ah calon haji merupakan orang-orang terpilih bukan hanya lewat serangkaian seleksi, tetapi Allah yang menetapkan bisa berangkat dalam kondisi banyak sekali Calon Haji yang lain harus mengantri. “Karena itu, kami berharap semua jamaah dapat mentaati semua aturan dengan baik sesuai dengan petunjuk telah yang diberikan,” katanya.

Marzuki Hamid menambahkan para calon jamaah haji yang dipesijuek hari ini nantinya dapat melaksanakan semua rukun haji dengan sempurna sehingga memperoleh haji yang mabrur.

“Tahun ini adalah kali pertama pelaksanaan haji dibuka kembali untuk umum sejak pandemi melanda dunia pada akhir 2019, dan Pemerintah Indonesia mengirimkan jamaah ke Tanah Suci, termasuk jemaah dari Aceh dengan kuota terbatas sesuai yang telah ditetapkan pemerintah,” ujarnya.

Dijelaskannya pandemi covid-19 juga disebutkan telah membuat daftar tunggu calon Jamaah Haji semakin panjang, bahkan sampai 25-30 tahun mendatang.

Sesuai data dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, tahun ini Jamaah Haji asal Aceh yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci berjumlah 1.988 orang. Ini belum termasuk panitia atau pendamping.

Angka ini, lanjutnya, jauh berkurang dibandingkan kuota tahun-tahun sebelum pandemi covid-19. Hal ini disebabkan kuota yang diberikan Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia juga terbatas, mengingat pandemi belum sepenuhnya berakhir.

Kendati demikian, kesempatan ini patut disyukuri sambil berharap dan berdoa agar tahun-tahun selanjutnya kuota jamaah haji semakin besar untuk Aceh, seiring berakhirnya pandemi covid-19.

“Kami mengingatkan kepada calon jemaah haji Kota Langsa, bahwa pandemi covid-19 sampai dengan hari ini belum berakhir, hanya kondisinya melandai.

Untuk itu diharapkan kepada Calon Jemaah Haji agar senantiasa tetap mematuhi protokol kesehatan sebaik-baiknya, kita berharap jangan ada lagi penundaan karena suasana covid-19.

Calon jemaah juga diharapkan sejak persiapan, keberangkatan hingga nanti ditanah suci dan kembali ke tanah air menjaga kesehatan fisik secara baik, dengan mengatur pola makan, Pola istirahat yang tertib, karena menunaikan ibadah haji, merupakan ibadah fisik.

“Kami juga berharap calon jemaah haji agar senantiasa kompak dan saling membantu, jaga nama baik Kota Langsa, Aceh serta Bangsa dan Negara, semoga kembali ketanah air menjadi haji yang mabrur,”jelas Marzuki Hamid.

Acara tersebut turut dihadiri Waka Polres Langsa Kompol Ichsan, Kadis Syariat Islam kota Langsa, Aji Asmanuddin SAg., MA, Kepala Dinas Sosial Armia, SP, Kadis Kominfo Muhammad Husen S.Sos, MM serta tamu lainnya. (AA)

Artikulli paraprakOrientasi Pengenalan Tugas CPNS Kabupaten Nisut TA.2022, Bupati Ajak Melayani Dengan Variatif Serta Berani Berinovasi
Artikulli tjetërPj. Wali Kota Tebing Tinggi Buka Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City