Gempa Bumi 6,2 SR Goyangkan Aceh Singkil

279

ACEH SINGKIL ketikberita.com | Gempa bumi berkekuatan 6,2 yang menggetarkan daerah Aceh Singkil setelah Sholat Subuh, Senin (16/1) membuat warga Singkil panik, cemas dan bergegas dari keluar rumah.

Dalam pantauan awak media halaman rumah warga terlihat berdiri di teras rumah warga Desa Suka Damai mereka sambil memegang anaknya, ada yang mengucapkan kalimat Asma Allah, disaat gempa bumi masih bergetar.

Informasi yang dihimpun ketikberita.com dari sumber BMKG menyebutkan, guncangan gempa bumi yang cukup kuat terjadi sekitar pukul.05:30 WIB dengan magnitudo 6,2 berpusat di Kabupaten Aceh Singkil.

Pusat gempa berada di laut 47 km arah Tenggara Kabupaten Aceh Singkil dengan kedalaman 23 Km laut, atau titik lokasi kordinat pada 1,91 Lintang Utara (LU) dan 97,83 Bujur Timur (BT).

Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil Rosi Kusuma menyebutkan sampai ini belum ada laporan kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut.

Dilaporkan, gempa juga dirasakan di Wilayah Sumatera Utara, Gunung Sitoli, Padang Sidempuan, Nias Utara, Nias Barat, Nias Selatan, Tapanuli Utara, Sibolga dan Aceh Selatan.
Walaupun tidak berpotensi tsunami dalam laporannya, namun BMKG menghimbau kepada masyarakat Singkil agar tetap berhati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi. (R84)