Gelar Musrembang, Camat Sekerak Harap Usulan Prioritas Terealisasi

369

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Selasa, (1/3/23) Mewakili Bupati Aceh Tamiang, Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan, dr. Catur Haryati, MARS membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sekerak Tahun 2023 yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di aula Kantor Camat setempat.

Dengan mengusung tema “Meningkatkan Reformasi, Birokrasi, Percepatan Pengurangan Kemiskinan, Pemerataan Pembangunan Wilayah, Pembangunan Hijau dan Sosial Kemasyarakatan Dampak Covid-19”, kegiatan ini bertujuan mengumpulkan berbagai usulan sebagai landasan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Aceh Tamiang Tahun 2023.

Mengawali kegiatan, Plt. Asisten Ekobang, dr. Catur mengatakan RKPD memuat kerangka ekonomi, prioritas, dan rencana kerja serta kerangka pendanaan, yang disusun dengan berpedoman pada Rencana Kerja Pemerintah Aceh Tahun 2023 dan program strategis nasional serta prioritas yang menjadi kebutuhan Kabupaten Aceh Tamiang. Sehingga arah kebijakan pembangunan daerah dapat dilaksanakan secara terukur dan terarah.

“RKPD haruslah disusun sesuai skala priorotas. Saya harapkan kepada seluruh kepala OPD harus bersinergis dengan masyarakat dalam merencanakan agenda pembangunan di tahun depan, beberapa target dan sasaran yang belum tercapai menjadi tantangan tersendiri untuk mendapat perhatian khusus melalui proses kajian dan analisis mendalam”, ujar dr. Catur.

Lebih lanjut, Ia mengatakan perencanaan tahun 2023 – 2026 harus lebih cermat untuk menyikapi permasalahan daerah yang akan kita selesaikan secara bertahap di tahun mendatang. Begitu banyak pembangunan di Bidang Infrastruktur khususnya jalan dan jembatan serta bidang pemberdayaan ekonomi, kepariwisataan dan penguatan BUMK yang harus mendapat perhatian khusus.

Sebelumnya, Camat Sekerak, M. Ilham Malik melaporkan kegiatan Musrenbang melibatkan kurang lebih 150 orang yang terdiri dari unsur Datok Penghulu, tokoh masyarakat dan perangkat kampung se Kecamatan sekerak.

Ilham menyampaikan, sebelumnya masyarakatnya telah mengadakan Musrenbang Tingkat Kampung dengan menghasilkan beberapa usulan, namun kini disederhanakan menjadi 6 usulan prioritas yang dinilai akan memajukan Kecamatannya.

”Semoga apa yang menjadi usulan Kami dapat terealisasi dalam pembangunan tahun 2023”, pungkas Ilham.

Kegiatan ini turut diikuti Kepala/perwakilan OPD di Lingkungan Aceh Tamiang, unsur Forkopimcam Sekerak dan perwakilan organisasi kepemudaan. (ABS)