Gelar Karya Kreatif Indonesia 2023, Bank Indonesia Wujudkan Keberhasilan Pengembangan UMKM

227

JAKARTA ketikberita.com | Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia memegang peranan penting sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Bank Indonesia (BI) turut berperan aktif dalam pengembangan UMKM untuk mewujudkan UMKM yang produktif, inovatif, dan adaptif untuk mendukung kebijakan utama Bank Indonesia. Pengembangan UMKM tersebut senantiasa mengedepankan semangat sinergi dan kolaborasi dengan Kementerian/Lembaga, Asosiasi, dan Industri.

​Sebagaimana diungah di citus https://www.bi.go.id/, disebut bahwa Karya Kreatif Indonesia 2023 yang berlangsung 27-30 Juli 2023, di Hall B Jakarta Convention Center, sebagai bentuk selebrasi keberhasilan pengembangan UMKM, Bank Indonesia menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang terdiri dari pameran produk unggulan UMKM dan berbagai kegiatan aktivasi, sejak tahun 2016.

Upaya dalam meningkatkan kinerja ekspor UMKM diperlukan 3 (tiga) langkah strategis, yaitu; Konsistensi untuk memperkenalkan produk UMKM yang berkualitas premium dari seluruh Indonesia kepada pasar ekspor, Inovasi dalam menghasilkan produk UMKM yang kreatif dan inovatif, serta Sinergi dengan seluruh stakeholders untuk ditumbuh kembangkan secara konsisten.

Hal tersebut tampak pada pembukaan Talk show Export yang mengangkat tema Strategi Akselerasi UMKM Go Export. Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam perhelatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 yang diselenggarakan secara hibrid di Jakarta, Jum’at (28/7/2023).

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman dalam sambutan pembukaannya mengatakan, Bank Indonesia terus berkomitmen untuk memperkuat bauran kebijakan dalam menjaga stabilitas dan mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui berbagai instrumen kebijakan dan didukung dengan sinergi yang erat dengan Pemerintah dan otoritas lainnya, termasuk dalam mendorong pengembangan UMKM.

“Secara khusus untuk pengembangan UMKM, Bank Indonesia berkomitmen melaksanakan 3 (tiga) pilar kebijakan, yaitu penguatan korporatisasi untuk mendorong terciptanya ekosistem usaha terintegrasi, peningkatan kapasitas baik dari sisi SDM maupun pengembangan usaha termasuk dengan digitalisasi untuk mendorong peningkatan produktivitas, dan dukungan terhadap akses pembiayaan agar UMKM dapat naik kelas dan berdaya saing,” ungkapnya.

Sebagai pembuka dari kegiatan Talk show hari ini juga telah dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bisnis atau Memorandum of Understanding (MoU) antara buyer luar negeri dengan UMKM yang diharapkan dapat memotivasi UMKM untuk Go Global.

Hal ini merupakan langkah konkrit Bank Indonesia memfasilitasi UMKM untuk kegiatan promosi perdagangan melalui Business Matching Ekspor KKI 2023. Lebih lanjut, melalui kegiatan ini diharapkan dapat terjalin kerja sama bisnis lainnya antara potential buyer dan aggregator ekspor dengan UMKM binaan Bank Indonesia maupun Kementerian dan Lembaga peserta KKI 2023.

Melalui KKI, UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh Indonesia didorong untuk secara kontinu melakukan inovasi, meningkatkan kualitas produk sesuai selera pasar, berorientasi ekspor, dan memanfaatkan platform digital agar dapat memperluas akses pasar internasional.

KKI memilki peran penting sebagai panggung bersama untuk mendorong sinergi dan kolaborasi di antara stakeholders dan UMKM Indonesia, serta sebagai sarana untuk memperkenalkan inisiatif, tren, dan teknologi baru untuk mendorong UMKM Indonesia naik kelas. Penyelenggaraan KKI juga mendukung kampanye Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #dilndonesiaAja (BBWl) serta mendukung ASEAN 2023.

KKI 2023 hadir dengan tema #BadarauNusantara : Berkolaborasi Mendorong Semangat Kebaruan dan Inovasi UMKM di Seluruh Nusantara. UMKM Indonesia harus bangkit dengan semangat kebaruan dan inovasi untuk menyambut peluang baru dalam rangka merealisasikan peran UMKM yang semakin signifikan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Berbagai rangkaian acara KKI 2023 meliputi Pameran 300 UMKM Unggulan, Pesona Kopi Nusantara dari 45 UMKM, Talk Show, Business Matching, Pagelaran Karya Kreatif, Creative Makerspace, Ruang Interaksi, dan Showcase Inovasi Teknologi

​”Mari, bersama kita dukung “Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia” dengan hadir di perhelatan Karya Kreatif Indonesia 2023,” ujarnya. (red)