Dirjen Pendis Kemenag RI Ajak Sivitas Akademika IAIN Langsa Tingkatkan SDM

136

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. H.Muhammad Ali Ramdhani, S. TP, MT mengajak Sivitas akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia.

Hal itu disampaikan saat mengunjungi kampus IAIN Langsa pada acara pembinaan Sumber Daya Manusia Menuju Era Digital, bertempat di Aula laboratorium kampus setempat, Sabtu (5/3/2022).

Menurut Dirjen Pendis, ada tiga hal yang harus dilakukan dalam meningkatkan SDM, yang pertama kualifikasi, kualifikasi pendidikan terutama bagi dosen haru meningkat menjadi Strata Tiga.

Yang kedua adalah kompetensi, setelah kualifikasi ditingkatkan, selanjutnya Kemenag RI memfasilitasi karir-karinya, dan yang terakhir adalah kesejahteraan.

“Kita menginginkan kesejahteraan dari sivitas akademika kita terpenuhi, paling tidak, mampu memberikan penghormatan yang layak,”imbuhnya.

pada kesempatan itu, Dirjen Pendis juga meminta agar IAIN Langsa untuk fokus pada Prodi yang ada di kampus tersebut, artinya Prodi keagamaan tidak melebar kesamping.

“Kesampingnya atau Strata Satunya kita cukupkan dulu, kita naik ketas ke S2 dan S3 jadi biar profesional, saya akan tunggu proposal dari IAIN Langsa untuk membuka Prodi pada S3, kita akan bantu.”

“Mari kita tingkatkan derajat kualifikasi kita, dorong teman – teman kita untuk segara menjadi profesor,” jelasnya.

Sebelumnya, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyampaikan, IAIN Langsa sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi Islam di bawah pembinaan Kementerian Agama, perlu merespon perkembangan global dan era revulusi industri, akan tetapi dalam menjalankan tugas, fungsi dan peranannya tidak terlepas dari program prioritas Kementerian Agama, yaitu: Revitalisasi Kantor Urusan Agama, Kemandirian Pesantren, Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Cyber Islamic University dan religiosity Index, serta Pencadangan 2022 sebagai tahun toleransi, tentu IAIN Langsa akan melakukan langkah-langkah strategis untuk mewujudkan program priorits tersebut: adalah peningkataan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas unggul, peningkatan kualitas sarana dan prasara pendidikan, Transformasi manajemen menuju Manajemen Digitalisasi, Inovasi pembelajaran, Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, dan pengembangan paradigma keilmuan yang Rakmatan lil ‘alamin, sehingga keberadaan IAIN Langsa untuk masa depan dapat memainkan peran penting dan strategis untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara.

Rektor juga menambahkan, kehadiran Bapak Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S. TP, M.T ke IAIN Langsa tidak hanya sebagai sejarah baru bagi IAIN Langsa, tetapi mempunyai arti penting baik bagi lembaga pendidikan, Pemerintahan Kota Langsa dan seluruh elemen masyarakat, karena di samping melihat langsung perkembangan dan kemajuan IAIN Langsa dan juga dapat memberikan perhatian dan dukungan terhadap berbagai program yang diusulkan IAIN Langsa, termasuk usaha transformasi IAIN Langsa menjadi UIN Zawiyah Cot Kala Langsa, hal merupakan cita-cita luhur para pendiri IAIN Langsa, untuk menjawab kebutuhan dan merespon tuntutan perkembangan keilmuan Islam yang terintegrasikan dengan berbagai keilmuan yang berkembang.

Sementara itu, Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hamid, MM menyebutkan, Pemko Langsa mendukung secara penuh upaya IAIN Langsa untuk bertransformasi menjadi UIN.

“Kita sudah memberikan batuan pengadaan tanah seluas 15 hektar, ini sebagai bentuk dukungan, Pemko Langsa sudah mempersiapkan sekiar 200 hektar lahan untuk pengembangan IAIN Langsa dan Universitas Samudera dimasa yang akandatang, kalau soal lahan tidak perlu ragu,”tukasnya. (AA)