Dihadiri Ibu Negara, Ny Kahiyang Ayu Hadiri Puncak Peringatan HKG dan Jambore Nasional PKK

67

SOLO (Jawa Tengah) ketikberita.com | Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution sekaligus Ketua Dekranasda Kota Medan menghadiri Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK tahun 2024 di Taman Balekambang Solo, Kamis (16/5) malam.

Puncak peringatan ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin, Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian dan sejumlah pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Peringatan yang mengusung tema “Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju” ini, dilaksanakan sejak 14 – 16 Mei di Kota Solo, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Iriana Joko Widodo mengucapkan selamat memperingati HKG PKK ke 52 kepada seluruh ketua dan kader TP PKK se-Indonesia. “Selamat HKG PKK ke-52,” kata Ibu Negara.

Selanjutnya, Ibu Negara juga memberikan sejumlah pertanyaan kepada para kader, di antaranya siapa nama Ketua Umum PKK periode 2019-2024 dan tanggal peringatan HKG PKK. Kader yang berhasil menjawab dengan benar mendapatkan hadiah sepeda yang diberikan langsung Ibu Negara dan Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin.

Sebelumnya, Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian mengatakan, PKK telah berperan aktif dalam melaksanakan perencanaan program ketertiban administrasi dan pelaporan kegiatan. Kemudian, imbuhnya, keluarga sehat tanpa narkoba dan kegiatan keluarga Indonesia sadar administrasi kependudukan serta program penanaman unggul pada anak untuk mencapai generasi emas.

Selain itu, kata Tri, PKK juga melaksanakan program pembinaan terhadap industri rumahan untuk mencapai ketahanan ekonomi keluarga.

“Program lain adalah membantu penurunan angka stunting bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui pemberian makanan tambahan dan pemanfaatan pekarangan dengan menanam tanaman yang membantu keluarga,” ungkap Tri.

Tidak itu saja, lanjut Tri, PKK juga telah membantu melaksanakan kegiatan yang membantu penurunan angka inflasi dengan gerakan menanam cabai. Kemudian, meningkatkan keterampilan tentang pelaksana rumah tangga dan harmonisasi keluarga melalui keluarga Indonesia sejahtera dan harmonis.

“Pelaksanaan program keluarga sehat dan tangguh bencana melalui tiga proyek peduli stunting, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta peduli kesehatan ibu dan anak (KIA). Di mana sembilan pencapaian itu telah memilih sembilan provinsi terbaik dalam pelaksanaannya,” jelasnya.

Puncak Peringatan HKG PKK ke-52 dan Jambore Nasional PKK tahun 2024 di Solo dimeriahkan berbagai lomba untuk kader PKK di seluruh Indonesia. Di antaranya, lomba Senam Kreasi 6 Langkah Cuci Tangan, Masak Pangan Lokal Sumber Karbohidrat non Beras, Yel-Yel, Parade Budaya Nusantara, Cerdas Cermat Kader PKK, serta Kreasi Jingle Galeri Pelangi. (red)

Artikulli paraprakAnggota DPRD Kota Tangerang: Study Tour Jangan Dilarang Tapi Diatur Secara Benar
Artikulli tjetërWakil Ketua DPRD Ajak Warga Kota Tangerang Jaga Kondusifitas Pemilukada