Di Medan Tuntungan, Bulan Bakti Praja Wibawa Fokus Sosialisasi Prokes dan Bagi Masker Di 3 Pasar Antisipasi Penyebaran Covid-19

135

MEDAN ketikberita.com | Tim gabungan yang turun melaksanakan Bulan Bakti Praja Wibawa melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes), terutama pemakaian masker di tiga pasar yang berada di Kecamatan Medan Tuntungan, Kamis (27/1). Baik pedagang maupun pembeli diingatkan untuk memakai masker guna mencegah penyebaran Covid-19, sebab dalam beberapa hari belakangan ini angka kasus Covid-19 mengalami peningkatan.

Ada pun ketiga pasar itu yakni Pasar Melati, Pasar Simalingkar dan Pasar Induk Laucih Tuntungan. Bagi pedagang maupun pembeli yang ditemui tidak memakai masker, tim langsung memberikan masker untuk dipakai. Sebab, pasar tempat berkumpulnya banyak orang yang melakukan transaksi jual beli sehingga rentan terjadi penularan Covid-19.

Di Pasar Melati, tim yang terdiri unsur Satpol PP Kota Medan, Dinas Perhubungan serta jajaran Kecamatan Medan Tuntungan dibantu petugas TNI dan Polri menertibkan parkir tepi jalan yang semrawut sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Berkat penertiban yang dilakukan, arus lalu lintas pun kembali lancar.

Sebelum turun melaksanakan kegiatan Bulan bakti Paraja Wibawa yang mengusung tema “Sapa Masyarakat, Ramah, Tertib dan Aman” (Samarata), tim lebih dahulu melakukan apel bersama di halaman Kanator Camat Medan Tuntungan. Dalam apel yang dipimpin Kabid Satuan Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kota Medan Toga Aruan menyebuitkan, kegiatan ini lakukan untuk cipta kondisi kenyamanan di tengah-tengah masyarakat dan penegakan prokes guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Medan.

“Bulan Bakti Praja Wibawa ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat melalui edukasi, sosialisasi, pencegahan dan pengawasan terhadap penegakan Perda, khususnya di bidang ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Di samping itu juga untuk mendukung capaian visi misi Wali Kota Medan. Kita lebih mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis dalam melaksanakan kegiatan ini, “ kata Toga.

Selain melakukan sosialisasi prokes dan pembagian masker di tiga pasar tersebut, tim juga menertibkan spanduk-spanduk liar yang mengganggu etetika di seputaran Pasar Melati, Jalan Jamin Ginting dan Jalan Setia Budi. Begitu mendapati parkir semrawut sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas, tim langsung menertibkannya.

Kecamatan Medan Tuntungan merupakan lokasi keempat yang menjadi fokus kegiatan Bulan Bakti Praja Wibawa dengan konsep One Day One Kecamatan. Sebelumnya, tim telah melakukan kegiatan di Kecamatan Medan Belawan, Medan Amplas dan Medan Marelan. Rencana, kegiatan akan dilakukan hingga 21 Februari mendatang sehingga menjangkau seluruh kecamatan yang ada. (er)