Dandim 0104/Atim, Selamat Hari Pendidikan Nasional

266

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 mei, bertepatan juga dengan hari kelahiran Bapak Ki hadjar Dewantara, yang mana beliau merupakan pelopor pendidikan, Ki Hadjar Dewantara lahir tanggal 2 mei 1889, yang kemudian kita Peringati setiap tahunnya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2022, Komando Distrik Militer 0104/Aceh Timur menyampaikan ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional, ucapan tersebut disampaikan Dandim melalui awak media dengan mengirimkan kolase gambar melalui via WhatsApp sekaligus ucapan di kantor Makodim 0104/Atim, Gp. Payabujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Minggu malam (1/5/2022).

“Dandim 0104/Atim Letkol Inf Agus Al Fauzi, S.I.P., M.I.Pol dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXI Dim 0104 Atim Koorcab Rem 011 PD Iskandar Muda Ny. Nita Agus Al Fauzi beserta staf dan jajaran, mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 02 Mei Tahun 2022, “katanya.

Untuk kita ingat bersama, lanjut Dandim, ketika mendirikan Taman Siswa sebagai wadah pendidikan pribumi Ki Hadjar Dewantara membuat 3 semboyan pendidikan yang sampai saat ini masih digunakan.

Semboyan ini terdiri dari 3 point yang ditulis dalam bahasa jawa dan menjadi pedoman bagi guru atau pengajar saat membimbing murid dalam belajar.

Semboyan tersebut yakni :

1. “Ing ngarso sing tulodo” yang artinya seorang guru adalah pendidik yang harus memberi contoh atau panutan.

2. “Ing madyo mangun karso” yang artinya seorang guru adalah pendidik yang selalu berada di tengah tengah para muridnya dan terus menerus membangun semangat dan ide ide untuk berkarya.

3. Dan “Tut wuri handayani” artinya seorang guru adalah pendidik yang terus menerus menuntun, menopang dan menunjukan arah yang benar bagi hidup anak anak didiknya.

“Belajar adalah hiasan dalam kemakmuran, perlindungan dalam kesulitan dan tunjangan dimasa tua, belajarlah dari masa lalu jika kita ingin mendefinisikan masa depan.

Teruslah raih pendidikan setinggi-tingginya. Yakinlah, pendidikan akan membawa kamu ke arah masa depan yang lebih cerah. “Selamat Hari Pendidikan Nasional,” pungkas Dandim. (AA)

Artikulli paraprakKapolres Serdang Bedagai Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbiran Idul Fitri 1443 H
Artikulli tjetërTNI Polri di Nurussalam Gelar Patroli di Malam Takbir