Cegah PMK, TNI Polri Lakukan Penyemprotan Disinfektan Kepada Hewan Ternak

302

ACEH TIMUR Ketikberita.com | TNI Polri yang terdiri dari Anggota Koramil 20/Pante Bidari Kodim 0104/Atim bersama Polsek Pante Bidari melakukan antisipasi penyebaran wabah PMK dengan melakukan penyemprotan cairan Disinfektan kepada hewan ternak.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Seuneubok Teungoh, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (18/6/2022).

Dalam kegiatannya Serma Tri Mulyadi selaku Babinsa setempat mengungkapkan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya kita dalam melakukan pencegahan terhadap wabah PMK, mengingat telah adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang sejumlah hewan ternak sapi maupun kambing di berbagai daerah.

“Kegiatan kali ini kita bersama Polsek Pante Bidari melakukan pencegahan melalui penyemprotan hewan ternak dengan cairan disinfektan sebagi langkah anitisifasi agar ternak sapi milik warga tidak tertular,”ujar Babinsa.

Sementara Maulidin Selaku Mantri Tani menyampaikan, Penyemprotan desinfektan ini bertujuan untuk membunuh kuman di kandang agar tetap steril. Selain penyemprotan disinfektan, pemberian vitamin dan kebersihan kandang harus rutin dilakukan.

Tidak hanya itu kita juga melakukan himbauan kepada warga yang memiliki ternak sapi maupun kambing agar tetap menjaga kebersihan kandang, serta segera melaporkan apabila ada indikasi sakit pada hewan ternak agar kita dapat melakukan penanganan”, tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil 20/Ptb yang diwakili Serma Tri Mulyadi, Kapolsek Pante Bidari Iptu J.M. Tambunan, Keuchik beserta perangkat Desa Seuneubok Teungoh. (AA)