Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Warga Binaan Rutan Labuhan Deli Kanwil Kemenkumham Sumut Jalani Tes Urine

152

LABUHAN DELI (Sumut) ketikberita.com | Sebagai Wujud Mendukung Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Labuhan Deli Kanwil Kemenkumham Sumut, melaksanakan pemeriksaan tes urine terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), bertempat di Aula Moralitas Lt. 2 Rutan Labuhan Deli. Jumat (26/05).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR), Asrul Harahap dihadiri juga oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Benny Tarigan, Kepala Seksi Pengelolaan, Palben Manurung dan Kepala Subseksi Administrasi dan Perawatan, Jonathan Biloro serta didampingi oleh Dokter dan Tim Medis Klinik Pratama Rutan Labuhan Deli.

Tercatat sebanyak 20 Orang Warga Binaan secara bergantian dilakukannya pemeriksaan urine dan diawasi ketat oleh Jajaran Staf Pengamanan. Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Benny Tarigan menyampaikan “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah preventif dalam menekan peredaran narkoba di Rutan Labuhan Deli serta dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN)”. Ucap Kasiyantah.

Kepala Pengamanan Rutan, Asrul Haharap juga menjelaskan Pelaksanaan tes urine terhadap warga binaan ini akan dilakukan secara bertahap dengan jumlah dan waktu pelaksanaan secara acak setiap minggunya sesuai dengan arahan dan perintah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Hal ini menjadi upaya nyata yang dilakukan Rutan Labuhan Deli untuk membersihkan lingkungan Rutan dari bahaya dan penyalahgunaan narkoba. Beliau juga menyampaikan Rutan Labuhan Deli terus berupaya untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban dengan melakukan penggeledahan kamar hunian secara berkala.

“Kepada seluruh Warga Binaan agar diingatkan kembali untuk dapat menjalani masa pidana dengan tidak menyalahgunakan narkoba dan mengikuti seluruh peraturan yang berlaku”. Ujar Ka.KPR

Kegiatan Pemeriksaan tes urine secara menyeluruh ini berjalan lancar dan tertib. Dari total 20 Warga Binaan yang dites urine, semuanya menunjukkan hasil negatif narkoba sebagai bukti Rutan Labuhan Deli mendukung program P4GN. (Erich S)