Bupati Nisbar “Tanpa Kerjasama Dari Semua Pihak, opini WTP Tidak dapat di Raih”

82

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bahwa tanpa kerjasama dari semua pihak, tanpa ASN opini WTP tersebut tidak dapat di capai dan kita raih.

Hal ini disampaikan Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu kepada wartawan ketika diwawancara di Bandara Binaka-Gunungsitoli, Kamis (19/5/2022).

Ia mengatakan petunjuk dan kesungguhan kerja telah ditunjukan oleh seluruh ASN Lingkup Pemkab Nias Barat, pada saat syukuran pasca pelantikan kami Khenoki Waruwu dan Dr. Era era Hia, MM.,M.Si, saya mengajak seluruh jajaran Kabupaten Nias Barat untuk berlari 70 km/jam mengejar ketertinggalan dan bertekad untuk memperbaiki Nias Barat.

“Apa yang pernah saya sampaikan telah diterjemahkan oleh seluruh jajaran Pemkab Nias Barat baik ASN maupun PTT buktinya LHP LKPD Nias Barat Tahun 2021 mendapat opini WTP dari BPK Perwakilan Sumut”ujarnya.

Untuk diketahui, WTP adalah opini audit dari BPK terkait pengelolaan anggaran di kementerian atau lembaga negara dimana opini ini diterbitkan jika laporan keuangan dianggap telah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik dan bebas dari salah saji material.

Kemudian opini tersebut erat hubungannya dengan dana insentif daerah (DID),seperti dikatakan oleh Forum Indonesia untuk Transparansi (FITRA), bahwa Tidak semua daerah mendapatkan (DID) kecuali yang punya inovasi tertentu dan memenuhi beberapa persyaratan, salah satunya adalah WTP dan penetapan APBD yang tepat waktu, makanya kepala daerah berlomba lomba untuk meraih opini WTP itu sebagai prasyarat untuk mendapatkan dana insentif daerah (DID) dari Pemerintah Pusat. (Wardiy)