Bupati Nias Hadiri Penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2023

123

NIAS (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias, Yaatulo Gulo menghadiri rapat Forum Perangkat Daerah-Lintas Perangkat Daerah penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2023, bertempat di Gedung Serbaguna Howu -Howu, Desa Lasara Idanoi, Kecamatan Gido Jumat (18/02/2022).

Sementara Ketua pelaksana yang disampaikan oleh Plt. Kepala Bappedalitbang Kab. Nias, Jellysman B. Geya, S.STP., M. Si, adalah Maksud dan tujuan pelaksanaan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah untuk menggali saran dan masukan, serta, arah kebijakan, program dan kegiatan Perangkat Daerah tahun 2023.

Bupati Nias dalam arahannya menyampaikan bahwa Renja Pemerintah Daerah Tahun 2023 sangatlah penting dan strategis untuk memperkuat ketahanan ekonomi demi pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan menuju kemandirian daerah.

Seterusnya, Ia sampaikan bahwa penyusunan Renja Pemerintah Daerah wajib memperhatikan sasaran dan arah kebijakan pembangunan dengan menganalisis gambaran umum kondisi daerah, kapasitas riil keuangan daerah serta pemangku kepentingan pembangunan lainnya khususnya dalam proses perencanaan.

Dalam menghadapi Tahun Pembangunan 2023, beberapa isu strategis yang sangat mendesak dan dapat ditangani oleh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Nias, antara lain : Bidang Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan, Pemerintahan dan Aparatur.

Untuk menghadapi isu strategis tersebut Pemkab Nias perlu mempertajam skala prioritas dan sasaran pokok pembangunan dalam berbagai aspek dan dimensi kehidupan dengan memanfaatkan potensi wilayah baik secara fisik, ekonomi, sosial budaya serta dukungan faktor eksternal di tingkat regional dan nasional demi terwujudnya Kabupaten Nias Maju, tegas Bupati. (Wardiy)