Bupati Nias Barat Hadiri Peringatan Hari Guru Nasional Dan HUT PGRI Ke-78 Tahun 2023

107

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias Barat menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-78 Tahun 2023 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Barat yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Nias Barat, Senin (27/11/2023).

Pada kesempat ini, Bupati Nias Barat melalui sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia berharap peringatan Hari Guru Nasional menjadi penanda kesatuan tekad untuk mengakselarasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia dan terus melaju dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan merdeka belajar.

“Saya yakin bahwa Ibu dan Bapak Guru sebagai nakhoda tidak mau membalikkan lagi arah dari merdeka belajar. Saya optimis bahwa semua pendidik masih akan terus bergerak mewujudkan merdeka belajar”, ucap Mendikbudristek melalui sambutannya yang dibacakan Bupati Nias Barat.

Lebih lanjut, Bupati Nias Barat mengungkapkan bahwa telah banyak kebijakan dan terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah dalam memajukan pendidikan, mulai dari penghapusan Ujian Nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya, peluncuran kurikulum merdeka dan guru penggerak serta penganggkatan Guru PPPK untuk memenuhi target satu juta Guru ASN PPPK di Indonesia.

Untuk Bupati Nias Barat berharap kiranya terobosan dan kebijakan yang telah dicapai dan diimpelentasikan oleh pemerintah seperti peningkatan kesejahteraan guru melalui pemberian Tunjangan Profesi Guru dan Tunjangan Khusus Guru maupun pengalokasian Bantuan Operasional Satuan Pendidikan, kiranya menjadi motivasi bagi para guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Nias Barat.
“Kiranya perhatian dan kebijakan yang telah dilakukan pemerintah di Bidang Pendidikan menjadi motivasi bagi para guru dan pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk mengimplementasikan berbagai kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Nias Barat,” ucap Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati Nias Barat,Khenoki Waruwu mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas dedikasi, kesabaran dan pengabdian serta prestasi yang telah diraih oleh guru-guru pada lomba guru berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Utara maupun Guru Berprestasi dan Berdedikasi tingkat Kabupaten Nias Barat Tahun 2023.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Nias Barat mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Barat untuk menjaga netralitas sebagai ASN dan menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi pada tahun 2024.
“Mari kita sukseskan pesta demokrasi dengan bermediasosial secara bijak, menjaga kondusivitas dan keamanan serta menjaga netralitas sebagai ASN,” ucap Bupati Khenoki Waruwu mengakhiri sambutannya.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada Guru Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2023 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Barat, sebagai berikut:
A. Tingkat PAUD:
– Juara I diraih oleh Ditaati Zai, S.Pd (TK Negeri Satu Atap Lawelu)
– Juara II diraih oleh Kristiani Zalukhu, S.Pd (TK Swasta Sr. Yohana Antida Thouret Bukit Sion)
– Juara III diraih oleh Pintaria Elfiana Waruwu, A.Md (TK Swasta Sr. Yohana Antida Thouret Bukit Sion)
– Juara IV diraih oleh Tuty Handayani Zebua, S.Th (TK Swasta Pelita Kasih)

B. Tingkat SD:
– Juara I diraih oleh Aprilinus Halawa, S.Pd (SD Negeri Wango)
– Juara II diraih oleh Aliyah Edi Putri, S.Pd (SD Tetesua)
– Juara III diraih oleh Waspada Gulo, S.Pd., Gr (SD Hiliadulo)
– Juara IV diraih oleh Yuriani Zebua, S.Pd (SD Simaeasi)

C. Tingkat SMP:
– Juara I diraih oleh Afrina Dearny Damanik, S.Pd (SMP Negeri 3 Ulu Moroo)
– Juara II diraih oleh Syahrullah, S.Pd (SMP Negeri 1 Sirombu)
– Juara III diraih oleh Agustinus A. Perlindungan Gulo, S.Pd (SMP Negeri 1 Mandrehe Utara)
– Juara IV diraih oleh Faemanus Gulo, S.Pd (SMP Negeri 2 Lolofitu Moi)

D. Tingkat SMA:
– Juara I diraih oleh Arie Nugraha, S.Pd (SMA Negeri 1 Ulu Moro’o)
– Juara II diraih oleh Openius Gulo, S.Pd (SMA Negeri 1 Mandrehe)
– Juara III diraih oleh Florentina Yulistyana Warueu, S.Pd ( SMA Negeri 2 Mandrehe Utara)
– Juara IV diraih oleh Sukmawati Laia, S.Si (SMA Negeri 1 Lahomi).

Pelaksanaan Upacara Hari Guru Nasional dan HUT PGRI dimaksud dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Sozisokhi Hia, SH., MM., Ketua PGRI Kabupaten Nias Barat Siado Zai, SE., MM., Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala OPD, Kepala Bagian dan pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan para Guru se Kabupaten Nias Barat. (Wardiy)