Bupati Nias Barat Bersama Rombongan Laksanakan Panen Raya

44

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu bersama beberapa pimpinan perangkat daerah, Forkopimcam, para penyuluh dan tenaga ahli di bidang pertanian serta para pengurus dan petani di Kelompok Tani Sejalan, melaksanakan panen raya di lahan penangkar benih padi sawah Kelompok Tani Sejalan Desa Gunungbaru Kecamatan Moro’o, Senin (28/11/2022).

Bupati Khenoki Waruwu mengatakan bahwa penangkar benih padi sawah di Kabupaten Nias Barat merupakan salah satu perwujudan visi, misi dan program unggulan pemerintah daerah sebagaimana telah ditetapkan melalui RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026.

“Ini merupakan salah satu perwujudan visi, misi dan progran pemerintah Kabupaten Nias Barat. Untuk memenuhi kebutuhan benih unggul bersertifikat kepada para petani di wilayah Kabupaten Nias Barat”, ujarnya.

Ia berharap agar Kelompok Tani Sejalan terus melakukan kegiatan penangkaran benih unggul yang telah dimulai secara berkelanjutan.

“Harapan kami agar penangkaran benih padi unggul berserrifikat ini tidak berhenti di sini saja, karena benih unggul bersertifikat sangat dibutuhkn para petani sawah di Kabupaten Nias Barat”, harap Bupati.

Dengan menggunakan benih padi unggul, lanjut Bupati, dapat meningkatkan hasil panen yang melimpah, karena pemilihan benih padi unggul bersertifikat merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam usaha tani padi sawah yang mempengaruhi produksi dan produktivitas.

Pada kesempatan itu juga memberi petunjuk kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan agar terus mengawal kegiatan ini sampai pemasaran hasil panen. Begitu juga kepada Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Camat, Bupati mengharapkan agar mendukung kegiatan ini melalui pengalokasian Dana Desa pada program ketahanan pangan dan hewani, yaitu pengadaan benih padi sawah yang unggul dan bersertifikat bagi para petani.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Khenoki Waruwu mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Tani Sejalan yang telah bersedia menjadi pelaksana kegiatan penangkaran benih di Kabupaten Nias Barat.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultural, Pengawas Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura, para penyuluh dan tenaga ahli di Bidang pertanian, yang telah mengawal proses penangkaran benih ini, mulai dari proses penanaman hingga pelaksanaan panen pada hari ini.

Bupati Nias Barat juga pada kesempatan tersebut, melaunching kemasan Benih Padi Unggul “Soguna ba Zato” sebagai bentuk nyata dukungan pemerintah Kabupaten Nias Barat dalam melakukan pemasaran hasil panen berupa benih padi unggul.

Sebelumnya, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias Barat Ernawati Gulo, S.Pd., M.M., melaporkan bahwa lahan penangkar benih padi unggul di Kabupaten Nias Barat pada tahun 2022 seluas 25 Ha, berlokasi di 2 tempat berbeda, yaitu di Kecamatan Mandrehe Barat di Kelompok Tani Damai Desa Mazingo seluas 15 Ha dan di Kecamatan Moro’o di Kelompok tani Sejalan Desa Gunung Baru seluas 10 Ha.

Ia juga melaporkan bahwa di Kecamatan Mandrehe Barat di Kelompok Tani Damai Desa Mazingo telah dilaksanakan panen, dan berdasarkan hasil pengubinan, produktivitas rata-rata perhektar sebanyak 4,1 ton.

Ernawati Gulo juga melaporkan bahwa pihaknya telah memberikan pendampingan dan intervensi bagi kedua kelompok tani, melalui penyuluhan oleh para penyuluh dan pemberian sarana produksi pertanian sesuai luas lahan masing-masing, antara lain Pupuk NPK, Pupuk Urea, Pupuk Cair (Bayfolan dan Atonik), Pestisida, Mulsa dan Kemasan. (Wardiy)