Bupati Mursil: Terimakasih Dayah dan Pesantren

77

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn., menggelar silaturrahmi bersama Pimpinan Dayah/Pesantren se-Kabupaten Aceh Tamiang. Silaturrahmi yang diisi dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 H ini, digelar di Pendopo Bupati, Senin (6/12/21) malam.

Menyambut kehadiran para mudir dayah/pesantren malam tadi, Bupati Mursil begitu mengapresiasi semangat dan perjuangan Dayah/pesantren yang begitu luar biasa dalam membangun dan mencetak kader dan generasi muda dalam pengamalan agama Islam dalam aktivitasnya sehari-hari.

“Saat ini, tantangan bagi generasi muda begitu berat. Alhamdulillah berkat peran serta pimpinan Dayah, di tangan para Teungku/Ustadz, para pemuda menjadi lebih terbimbing dan terarah di bidang keagamaan,” tuturnya.

Dikatakan, selaku Bupati, ia gembira melihat perkembangan Dayah yang begitu pesat. Namun demikian, Mursil mengakui, peran dan bantuan Pemerintah belum optimal menyokong perkembangan Dayah/Pesantren di Aceh Tamiang. Hal ini, jelasnya, adalah dampak/imbas pandemi Covid-19 yang merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat dari berbagai sektor.

Lebih lanjut Mursil menyampaikan penghargaan yang tinggi, tersebab para pimpinan dayah/pesantren selama ini tetap mendukung kinerja Pemerintah Daerah.

“Masyarakat Aceh Tamiang berterima kasih kepada dayah serta para Ustadz dan Teungku sekalian. Selain mencerahkan kehidupan masyarakat, para Ustadz dan Teungku turut berperan aktif mendukung kinerja pemerintahan kami selama ini,” sebutnya lugas.

Disebutkan, di sisa masa pemerintahannya, Bupati Mursil bersama Wabup Insyafuddin tetap berkomitmen membangun peradaban dengan pengamalan Islam sebagai kuncinya.

“Bersama Wakil Bupati, kami melalui dinas yang berkompeten akan terus berupaya melaksanakan program dalam peningkatkan pengamalan agama di tengah-tengah masyarakat,” sebut Mursil.

“Selaku Pimpinan Daerah, Saya berharap kepada para Pimpinan Dayah/Pesantren agar kiranya terus memberikan pencerahan kepada masyarakat akan manfaat dan hikmahnya shalat secara berjama’ah di Mesjid. Dengan memakmurkan Mesjid maka negeri yang bergelar Muda Sedia ini, akan di berikan keberkahan oleh Allah SWT”, timpalnya menambahkan.

Disampaikan, Pemkab akan terus berupaya seoptimal mungkin memakmurkan mesjid dengan program-program stimuli, seperti Safari Subuh dan Safari Maghrib, Maghrib Mengaji, serta memberikan bantuan ke mesjid/musalla yang ada, agar masyarakat nyaman beribadah secara berjama’ah.

Pertemuan silahturrahmi kemudian dilanjutkan dengan tausiyah oleh Tengku Abi Maulana. Ia menyampaikan beberapa kondisi kehidupan beragama umat Islam di zaman milenium kedua ini. Tausiyah, lantas dilanjutkan dengan tanya-jawab seputar masalah agama.

Rencananya, pertemuan ini akan diagendakan dua bulan sekali, sehingga silaturahmi dapat mengevaluasi program-program yang direncanakan dalam hal pengamalan agama di tengah masyarakat, supaya terwujud dengan baik sebagaimana yang diharapkan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Dayah, Kepala Dinas Syari’at Islam, Kepala Dinas PUPR, Camat Kota Kualasimpang, Kabag Humas Setdakab, Kabag Umum dan Protokol Setdakab dan para Pimpinan Dayah/Pesantren. (ABS)