Buka Festival Kuliner 2023, Bobby Nasution Harapkan Kuliner Kuatkan Perekonomian Medan

144

MEDAN ketikberita.com |

Hari Senin hari Selasa
Pancing ikan di dalam kali
Kuliner Medan hanya punya dua rasa
Rasanya enak dan enak sekali

Pantun ini diserukan Wali Kota Medan Bobby Nasution membuka Festival Kuliner Medan, Selasa (28/11) di Lapangan Benteng. Pembukaan perhelatan berlangsung mulai 28 November sampai dengan 3 Desember ini ditandai dengan penekanan tombol bel oleh Bobby Nasution didampingi unsur Forkopimda, para Konjen negara sahabat, dan Sekda Wiriya Alrahman.

Bobby Nasution mengungkapkan apresiasi pada kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Medan ini. Orang nomor satu di Pemko Medan ini mengharapkan, melalui perhelatan ini kuliner dapat menjadikan Medan sebagai kota yang memiliki perekonomian yang kuat.

“Hari ini saatnya kita bangkit, saatnya kita tunjukkan, bahwa UMKM Kota Medan, kuliner Kota Medan, bisa membawa Medan menjadi kota yang besar, ekonomi yang kuat,” sebutnya seraya mengungkapkan pelaku usaha di Medan, termasuk usaha kuliner, merupakan pejuang dan penyelamat ekonomi Kota Medan.

Wali Kota mengatakan, Medan tidak mempunyai gunung maupun laut yang dapat dijadikan objek wisata alam. Namun, ibu kota Sumut ini mempunyai sejarah kota, memiliki beragam etnis dan adat istiadat yang punya ciri khas masing-masing, termasuk kuliner-nya.

“Hari ini, kuliner yang kita nikmati adalah seluruh masakan dari etnis yang ada di Medan, baik asli maupun pendatang,” ungkapnya.

Usai membuka Festival itu, Bobby Nasution meninjau stand-stand yang menyajikan berbagai kuliner khas lokal, kekinian, maupun Asia, dan Western. Wali Kota membeli kuliner dan membagikan pada pengunjung. Salah satu jajanan yang dibeli kentang tornado lalu diberikan kepada anak-anak pengunjung.

Bobby Nasution juga membeli sop buah dan diberikannya kepada unsur Forkopimda serta para konsul yang mendampinginya. Suami Kahiyang Ayu ini juga memborong puluhan durian lalu dibagikan kepada pengunjung yang beruntung.

Saat meninjau stand demi stand, tidak sedikit pengunjung yang meminta berswafoto dengannya. Bobby Nasution mengabulkan semua permintaan ini dengan penuh keramahan. Tawa riang dan kegembiraan memancar jelas dari wajah warga setelah berswafoto dengannya.

Salah seorang pelaku UMKM yang membuka stand kentang tornado mengungkapkan rasa salutnya pada pemimpin muda di Sumatra Utara ini. Dia menilai, selain terbukti komit menaikkan kelas UMKM di Medan, Bobby Nasution juga memiliki sikap merakyat.

“Tadi Pak Wali beli kentang tornado untuk dibagikan kepada anak-anak. Pak Wali juga mau selfi dengan anak-anak itu. Sungguh merakyat,” ucapnya.

Festival Kuliner Medan ini diramaikan 120 stand dan tujuh food truk Berbagai kuliner khas lokal, Nusantara, Asia, dan Western disajikan pada perhelatan ini. Selain menampilkan kekayaan kuliner Medan, Festival ini juga disemarakkan berbagai hiburan. Bahkan pada Minggu 3 Desember dijadwalkan King Nasar bakal hadir dan menggoyang panggung Festival Kuliner Medan ini.

Di samping itu, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Medan, Yuda P. Setiawan dalam laporannya, perhelatan ini juga disemarakkan oleh demo masak, Lomba Idola Cilik, Lomba Memasak Ikan Mas Arsik, Lomba Mewarnai, K-Pop Dance Competition, Fashion Show Anak-anak, Lomba Stand Dekorasi Terbaik, Lomba Stand Omzet Terbanyak, dan Lomba Stand Terfavorit.

Dalam laporannya Yuda juga menyebutkan, kegiatan selama enam hari ini bertujuan antara lain untuk mendorong dan menumbuhkembangkan rasa bangga atas warisan kuliner, memberikan ruang dan peluang UMKM kuliner untuk naik kelas, meningkat pertumbuhan ekonomi, dan menarik kunjungan wisatawan. (red)