Berikan Motivasi Kepada Petani Ubi Kayu, Ini Pesan Babinsa

80

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Kopda Yusuf Babinsa Koramil 06/ Darul Aman, Kodim 0104/Aceh Timur, lakukan pendampingan ketela, atau yang sering disebut dengan tanaman berjenis ubi kayu, milik warga binaannya Bpk Mukhtarudin (41) di Desa Alue Dalam, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur Rabu (26/1/2022).

Singkong atau ubi kayu merupakan produksi hasil pertanian pangan ke dua terbesar setelah padi, sehingga singkong mempunyai potensi sebagai bahan baku yang penting bagi berbagai produk pangan dan industri. Singkong biasanya dijadikan olahan pangan karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, sedangkan daunnya bisa di gunakan untuk bahan sayuran.

Koptu Yusuf selaku Babinsa Desa Alue Dalam saat di lokasi menyampaikan “perawatan rutin pada tanaman ubi kayu, yakni melakukan pembersihkan dahan dahan kering serta melakukan pengemburan tanah di seputaran tanaman ubi kayu agar proses pembeseran ubi kayu dapat cepat berkembang seperti yang diharapkan oleh petani sehingga dapat diterima oleh pasar,” jelas Babinsa.

Lanjutnya, untuk mendapatkan hasil atau produksi maksimal dalam penanaman singkong, harus diperhatikan dalam penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, jarak tanam, penyiangan rumput hingga pemupukkan yang tepat waktu.

Ucapan terimakasih juga diutarakan oleh Mukhtarudin (41) “kepada Babinsa yang telah meluangkan waktunya untuk hadir membantu melakukan perawatan tanaman ubi kayu ini dan juga telah memberikan memotivasi agar kami lebih semangat lagi dalam bidang pertanian khususnya pada tanaman ubi kayu ini,” tukas Mukhtar selaku pemilik kebun. (AA)