BAZNAS Sumut Akan Salurkan 1.750 Paket Ramadhan Berkah ke 33 Kabupaten/kota

570

MEDAN Ketikberita.com | Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam waktu dekat akan menyalurkan Ramadhan Berkah sebanyak 1.750 Paket kepada anak yatim piatu, fakir miskin dan kaum duafa di kabupaten/kota se Sumut.

Wakil Ketua II BAZNAS Sumut Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Musadat Lubis (foto) menyatakan itu kepada wartawan di Medan, Rabu (20/4/2022), terkait rencana penyaluran bantuan Zakat Infaq sadaqah (ZIS) Ramadhan Berkah kepada keluarga tak mampu di Sumut.

Menurut Musadad Lubis, pada bulan puasa tahun 2022 ini setiap Kepala Keluraga (KK) memperoleh bantuan Rp.300 ribu. Jika ditotal secara keseluruhan mencapai Rp. 525 juta.

“Tahun ini BAZNAS Provinsi Sumut tidak lagi menyalurkan paket ZIS di kantor sekretariat, Jalan Wiliam Iskandar Muda. Karena semuanya diserahkan kepada BAZNAS kabupaten/kota. Tahun 2021 lalu, sebanyak 1000 paket Ramadhan Berkah disalurkan dari kantor BAZNAS Sumut,” ujarnya.

Saat ditanyakan adanya penurunan penyaluran bantuan paket tahun ini, Musadad Lubis menyebutkan, anggarannya hampir sama. Tahun 2021 lalu, pihaknya memang memberikan bantuan ZIS sebanyak 11.000 paket senilai Rp.4,4 miliar, termasuk pemberian bantuan kepada keluarga tak mampu di Kantor BAZNAS Sumut.

Namun anggaran lainnya, lanjut Musadad Lubis, disalurkan untuk membantu pembangunan masjid, pemberian bea siswa pelajar SD, SMP dan SMA sederajat, dan pemberian bantuan kepada guru madrasah.

“Pada bulan suci Ramadhan ini BAZNAS Sumut menyalurkan bantuan bea siswa kepada pelajar SD per orangnya sebanyak Rp.250 ribu, pelajar SMP sebesar Rp.350 ribu dan pelajar SMA sederajat Rp.500 ribu,” katanya.

Lebih jauh Musadad Lubis menyebutkan, ia ditugaskan menyalurkan ZIS di zona wilayah Mandailing Natal (Madina), Labuhan Batu Utara (Labura), Labuhan Batu Selatan (Labusel), Labuhan Batu (Induk), Padang Lawas (Palas), Padang Lawas Utara (Paluta), Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Kota Padangsidempuan.

Musaddad Lubis juga berharap para muzakir baik pengusaha, PNS,swasta maupun lainnya dapat menyerahkan ZIS nya langsung ke kantor BAZNAS provinsi dan kabupaten/kota agar dapat disalurkan kepada mereka yang berhak menerimanya.

“Bantuan ZIS yang akan disalurkan kepada keluarga tak mampu diharapkan dapat meringankan keluarga tak mampu dalam merayakan hari Raya Idul Fitri tahun 2022 ini,” tambahnya.

Diperoleh keterangan, bahwa Kepala BAZNAS Provinsi Sumut, Drs.H.Amansyah Nasution disebut-sebut akan turun menyalurkan bantuan ZIS Ramadhhan Berkah ke sejumlah kabupaten/kota.

Sementara pejabat lainnya yang akan memberikan bantuan kepada keluarga tak mampu itu, Haris meliputi zona Kota Binjai, Langkat dan lainnya. Sedangkan Wakil Ketua III BAZNAS Sumut Bidang Program dan Pelaporan,Ir.H.Sahrul Djalal akan turun di zona Kota Sibolga, Tapanuli Tengah dan Kepulauan Nias. (r/red)