Babinsa Kunjungi Usaha Budidaya Udang Vaname Dengan Metode Kolam Beton

494

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Babinsa Koramil 04/Peureulak Kodim 0104/Atim Serma Candra menyambangi sekaligus memantau perkembangan budidaya udang Vaname milik Ismail (55) yang menggunakan media kolam beton, di Desa Paya Lipah, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (10/5/2022).

Kegiatan yang dilakukan Babinsa ini dalam rangka memberikan motivasi kepada warga guna menjaga kestabilan pertumbuhan ekonomi masyarakat menengah ke bawah di bidang perikanan salah satunya budidaya Udang Vaname.

Serma Candra mengungkapkan, budidaya udang Vaname tidak mesti dilakukan dengan metode tambak, bisa juga dilakukan dengan media bioflog dan kolam beton, Seperti yang tengah digeluti oleh Ismail warga Desa Paya Tapah yang membudidayakan udang Vaname dengan metode kolam beton.

Dalam kegiatannya Babinsa Candra berpesan agar kualitas air harus selalu dikontrol terutama ketersediaan oksigen yang terlarut (D.O) dalam air harus cukup baik, minimal oksigen terlarut harus diatas 4 mg per liter, semakin banyak oksigen terlarut kualitas pertumbuhan udang semakin baik karena udang vanamei membutuhkan oksigen terlarut yang cukup banyak agar pertumbuhannya bagus.

Lanjut Ismail, “saya selaku pemilik budidaya udang mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah menyambangi lokasi budidaya udang Vaname miliknya, “tidak ahanya itu kita juga bertukar pikiran serta berbagi ilmu tentang pemeliharaan dan perawatan budidaya udang Vaname untuk menghasilkan produksi udang yang memuaskan,” tutup Ismail. (AA)