Babinsa: Ingatkan warga Agar Waspada Penyakit PMK Terhadap Hewan

289

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Bintara pembina Desa (Babinsa) Koramil 24/Darul Ihsan Kodim 0104/Aceh Timur Serda Mirase melaksanakan Komsos bersama Munasa Ali (39) yang merupakan peternak sapi di Desa Seuneubok Kulam, Kecamatan Darul Ihsan, Aceh Timur, Senin (16/5/2022).

Dalam Komsosnya Serda Mirase mengungkapkan bahwa saat ini telah terjadi beberapa kasus tentang maraknya penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak jenis sapi, sehingga menjadi kekhawatiran baru ditengah masyarakat.

“Penyakit ini rentan menulari hewan ternak seperti, sapi, kerbau, kambing dan domba,” jelasnya

Kekhawatiran tersebut juga disampaikan oleh Muenasa Ali salah satu warga desa seuneubok Kulam yang memiliki hewan ternak sapi.

Masih Dalam kegiatan komsosnya, Serda Mirase berpesan kepada peternak agar selalu memperhatikan faktor kebersihan kandang, sebagai salah satu cara pencegahan dini supaya tidak tertular penyakit tersebut.

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk segera melapor apa bila hewan ternak mereka mengalami sakit sehingga dapat segera ditanganani oleh dinas kesehatan hewan agar tidak terjadi penularan terhadap hewan lain,” imbuh Babinsa. (AA)