Aspul Lubis Sang Petarung Lapangan Tetap Aktif Olahraga Bola Kaki Walau Usia Senja

126

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Usia senja tidak mempengaruhi stamina pemain bola satu ini. Meski bukan pemain legendaris seperti Salvador Reyes sudah berusia 71 tahun terakhir tampil bersama klub kebanggaannya, Chivas Guadalajara ada tahun 2008. Aspul dengan usia 63 tahun dengan khas kepala plontos ini masih mampu merumput dilapangan hijau bahkan full time 45 x 2 waktu normal pertandingan sepak bola.

Akrab di sapa Aspul ini merupakan sayap kiri Tim Persatuan Wartawan Serdang Bedagai (PSWS) hingga saat ini masih merumput. Kelahiran Kebun Rambung Sialang, 3 Agustus 1958 ternyata Aspul punya pantangan dalam memilih makanan. Ia menolak untuk memakan makanan yang menggunakan penyedap rasa.

” Saya memang tidak mau makan makanan menggunakan penyedap rasa, dan itu memang pantang bagi saya” ucap pria yang memiliki dua anak ini usai bermain di lapangan bola Socfindo Mata Pao Senin (28/3/202).

Dalam berkarir di sepak bola.Aspol pernah menjadi top skor di piala Gubernur tahun 2012 lalu. Ia memperkuat tim Old Crack PS Sergai mampu membawa juara tiga di kompetisi itu. Namun dengan usia yang tidak muda lagi menjadi ujung tombak tim old crack PS. Sergai dan membuktikan sebagai top skor.

” Karir saya main bola hanya ikut kompetisi tarkam saja, mungkin paling berharga selama main bola pernah menjadi top skor pada piala Gubernur tahun 2012″ papar Aspul.

Aspul pada usia remaja tepatnya 16 tahun nyaris berkarir di Pekan Olahraga Seluruh Indonesia (POPSI) namun masih kentalnya praktek kecurang an saat itu membuat ia pupus. Usai tamat sekolah melanjutkan ke perguruan tinggi Aspul menjadi ASN dan menjadi guru olahraga tepatnya pada tahun 1985, hingga ia pensiun menjadi guru namun tetap berolahraga.

Tegas, keras dan disiplin adalah karakter dari Aspul serta peduli dengan kegiatan olahraga, hingga ia diamanahkan menjabat ketua KONI Sergai periode 2020-2024. Aspul mengatakan banyaknya manfaat berolahraga, baik muda maupun tua. Selain menjaga daya tahan tubuh juga menambah rutinitas sehari-hari.

” Olahraga tidak mengenal usia, selain bola kaki masih banyak kegiatan olahraga lainnya, intinya kemauan begitu juga kepada anak muda, dari pada malas-malasan lebih baik berolahraga”papar Aspul.

Memiliki stamina yang bagus di usia yang tidak muda lagi seperti Aspul memang jarang di temukan. Manager PSWS Darmawan mengatakan Pak Aspul merupakan sayap kiri di PSWS. Menjadi keluarga besar di PSWS merupakan kebanggaan bagi tim Wartawan di Sergai ini. Karena bukan Pak Aspul saja ada Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Wabup Sergai H. Adlin Tambunan juga bagian dari keluarga PSWS.

Khusus Pak Aspul. Lanjut Darmawan memang memiliki stamina yang sangat luar biasa dan tidak pernah absen saat berlaga. ” Pak Aspul bermain full time, staminanya jarang kendor, bahkan kami terkadang minder dengannya bisa dikatakan pemain lansia berstamina anak muda” papar Darmawan.

Di PSWS Pak Aspul menggunakan nomor punggung 63 itu sesuai permintaannya karena usianya 63 tahun ” Mungkin di bulan Agustus 2022 mendatang kami harus menyedikan kustum baru lagi untuk PSWS mengingat saat itu usia Pak Aspul akan bertambah 64 harus menyesuaikan kembali nomor punggung Pak Aspul” papar Darmawan. (AfGans)