Yuk, Gunakan Hapemu untuk Berbisnis Kopi

83

JAKARTA ketikberita.com | Back to office memang membawa cerita tersendiri, sebagian orang akan menyambutnya dengan hangat karena rindu suasana kantor. Namun demikian, tidak sedikit juga pegawai kantoran yang menolaknya dengan lebih memilih untuk bekerja di mana saja atau lebih keren istilahnya Work From Anywhere (WFA).

Istilah WFA pun kini mulai akrab di telinga masyarakat sejak meredanya pandemi Covid-19, bahkan menjadi istilah yang umum. Istilah tersebut tak jarang merujuk pada situasi bekerja dari kafé, ditemani dengan secangkir kopi yang dirasa dapat meningkatkan mood dan inspirasi. Tak heran, di Indonesia sendiri memang cukup tinggi angka penikmat kopi, hingga menjadikannya sebagai hal yang trendy. Tren itu diikuti dengan semakin menjamurnya bisnis kedai kopi atau coffee shop, serta semakin meningkatnya tren minum kopi, terutama di kalangan milenial.

Kondisi ini tentu saja dibaca sebagai peluang besar bagi pebisnis kopi, ditambah lagi Indonesia memang negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Komoditi kopi Nusantara kini telah menjadi tuan rumah di negeri sendiri, ditandai dengan bermunculannya pengusaha lokal yang membangun kedai di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Menariknya, di tengah pandemi sekalipun, bisnis kopi turut berkembang ke arah digital. Hal ini ditandai dengan banyaknya situs e-dagang yang memudahkan proses promosi bagi pebisnis kopi, ditambah dengan banyaknya generasi muda yang melek teknologi.

Berbicara promosi bagi pebisnis kopi di era digital memang sangat diperlukan strategi tersendiri agar racikan kedaimu selalu di hati penikmat kopi. Promosi termudah yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi. Kamu tidak perlu khawatir harus memiliki modal peralatan berteknologi tinggi dan harganya selangit, kini semuanya sudah bisa dilakukan melalui teknologi di ponsel seperti halnya OPPO Reno8.

Ponsel berjargon The Portrait Expert ini, bisa kamu manfaatkan dalam pengambilan gambar untuk setiap produk bisnis kopimu. Menggunakan kamera utama 64MP yang dimilikinya, tidak diragukan lagi hasil jepretan foto smartphone ini menyerupai gambar yang diambil menggunakan kamera profesional. Untuk membuat promosi mengenai kedai kopimu, maksimalkan kamera makro 2MP dan kamera mono 2MP yang menyertai OPPO Reno8 ini.

Lewat ponsel cerdas ini, kamu juga bisa mempromosikan bisnis kedai kopimu dengan cara nge-vlog melalui kamera depan berteknologi Ultra-Sensing Selfie dengan sensor IMX709. Kamera selfie 32MP ini akan memudahkan kamu merekam video selfie di TikTok atau Instagram Reels.

Apalagi kamu tidak perlu lagi repot-repot memindahkan hasil jepretan gambar untuk menghemat ruang penyimpanan. Pasalnya, ponsel OPPO Reno8 sudah memiliki 256GB penyimpanan internal dan masih bisa ditambah dengan kartu microSD hingga 1TB. Kapasitas tersebut dirasa akan lebih dari cukup untuk menyimpan banyak foto atau rekaman video yang durasinya panjang.

Selain itu, bagian terpenting dari berbisnis kopi adalah manajemen keuangan. Di era digital, kamu tidak perlu mengerjakannya secara manual karena saat ini sudah banyak sistem pengelola keuangan untuk melakukan pembukuan secara digital sehingga lebih efisien. Sistem pengelola keuangan ini juga dapat membantu untuk mengetahui total biaya, hingga besaran pajak pada penjualan bisnis kedai kopimu. Aplikasi semacam ini dapat kamu unduh langsung di Google Play dari ponsel OPPO Reno8. Kamu bisa mengunduh aplikasi Android seperti Freshbooks, Jubelio, Wave, Quickbooks, atau semacamnya dari ponsel Reno8 milikmu. (r/red)