Yahdi Khoir Sosialisasi “Penyebarluasan Ideologi Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan” Kepada Ratusan Siswa dan Para Guru

170

BATUBARA (Sumut) ketikberita.com | Dihadapan ratusan pendidikan serta tenaga kependidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Air Putih Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara, anggota DPRD Sumut Ir Yahdi Khoir Harahap MBA dapil V (Batubara, Asahan dan Kota Tanjung Balai) sampaikan pentingnya mengajarkan wawasan kebangsaan sejak dini.

Hal itu diungkapkan legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini saat menggelar sosialisasi ‘Penyebarluasan Ideologi Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan’ di sekolah tersebut, Jumat (17/3/2023).

Yahdi mengatakan, ada konsensus dasar bernegara Indonesia. Pertama adalah Pancasila, kedua Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, ketiga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan keempat Bhineka Tunggal Ika.

Dimana, tambah Yahdi, 4 (empat) pilar kebangsaan itu merupakan satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Maka dari itu, dirinya berharap keterlibatan semua pihak dalam menanamkan pengetahuan umum terhadap wawasan kebangsaan, khususnya kepada para siswa. Karena, hal tersebut menyangkut masa depan bangsa dan Negara.

“Penegasan itu merupakan tanggungjawab bersama, bagaimana kita berperan aktif menanamkan nilai nilai kebangsaan sampai kepada mereka (siswa-red),”sebut anggota komisi D DPRD Sumut ini.

Yahdi khawatir, dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini dapat dengan mudah mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir para remaja. Apalagi, pondasi pengetahuan umumnya akan 4 pilar kebangsaan tidak kuat.

“Hal itu harus kita antisipasi, salahsatunya dengan memfilter informasi ditengah gempuran teknologi. Ini juga tantangan bagi para guru bagaimana menfilternya,”sebut Yahdi.

Ia pun mengaku bangga dapat menggelar sosialisasi Penyebarluasan Ideologi Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan di tengah-tengah para siswa. “Saya senang dapat hadir di SMKN I Air Putih, apalagi antusias siswa yang luar biasa,”sebut Yahdi.

Lanjut Yahdi memaparkan, kegiatan ini merupakan salah satu program dari DPRD Sumut tentang pentingnya pemahaman 4 pilar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta, sebagai implementasi dalam kehidupan sehari-hari.

Karena, menurut Yahdi, di era saat ini, penguatan dalam menangkis degradasi sangat penting. Selain mengetahui maknanya, juga terhindar dengan kata ‘lupa’. “Semoga sosialisasi siswa dapat memahami dari isi 4 pilar kebangsaan yang dimiliki bangsa Indonesia,”ucap anggota Badan Pembentukan Peraturan daerah (Bapemperda) DPRD Sumut ini,

Diakhir sosialisasi, Yahdi berpesan kepada para pelajar untuk selalu menghormati perbedaan suku, ras dan agama. Sehingga berdampak baik bagi kemajuan bangsa.

Sebelumnya, perwakilan sekolah Sulistio memberikan harapan besar terhadap realisasi terlaksananya sosialisasi yang digelar. Karena, dengan sosialisasi Penyebarluasan Ideologi Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan akan menambah pengetahuan umum kepada pelajar untuk lebih mencintai bangsa dan Negara.

“Saya berharap, dengan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua,”ketusnya.

Turut hadir, Ketua DPD BM PAN Batubara Fahmi SH dan Bendahara DPD BM PAN Batubara Syafi’I Ma’arief Rozfi, perwakilan sekolah Syukiriah MPd, Hendra Robertho Siregar MPd selaku perwakilan humas sekolah, koordinator BK sekaligus pembawa acara Syarifah Mahani serta PUAN Batubara dan para pelajar. (ind)