Wujudkan Program Prioritas Bobby Nasution, Jajaran Kecamatan Medan Petisah Rutin Gelar Gotong Royong di Sungai Sei Putih

66

MEDAN ketikberita.com | Penanganan kebersihan lingkungan khususnya sampah menjadi fokus perhatian Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk segera dituntaskan. Atas dasar itu juga Bobby Nasution terus memacu kecamatan agar mengoptimalkan pelayanan kebersihan di wilayahnya. Camat, lurah, dan kepala lingkungan pun diminta untuk dapat berusaha mengikuti irama cepat dan tepat Bobby Nasution dalam menjalankan salah satu program prioritas ini.

Sejumlah kebijakan telah dilakukan Bobby Nasution untuk memaksimalkan penanganan kebersihan, diantaranya mengeluarkan Perwal No 18 Tahun 2021 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Pengelolaan Persampahan kepada Kecamatan. Hal ini dilakukan agar pelaksanaannya lebih efektivitas dan efisiensi.

Berdasarkan atensi Bobby Nasution terkait penanganan kebersihan di wilayah, Camat Medan Petisah Budi Anshari Lubis mengungkapkan pihaknya telah melaksanakan tanggung jawab tersebut dengan baik. Dimana setiap harinya jajaran Kecamatan Medan Petisah khususnya P3SU dibantu dengan petugas kebersihan melakukan kegiatan penyisiran sampah di seluruh wilayah. Mulai di pagi hari, siang hari bahkan sampai malam hari.

Selain itu Jajaran Kecamatan Medan Petisah juga rutin menggelar gotong royong untuk membersihkan lingkungan dari sampah baik itu di saluran drainase maupun bantaran sungai. Seperti yang dilakukan kemarin (19/5) Jajaran Kecamatan Medan Petisah melaksanakan gotong royong membersihkan bantaran sungai Sei Putih tepatnya di Kelurahan Sei Putih Tengah. Dengan peralatan sederhana, petugas P3SU dan petugas kebersihan membersihkan sampah dan material lainnya yang ada di sungai tersebut.

“Sepanjang sungai Sei Putih ini rutin kita laksanakan gotong royong membersihkan sampah-sampah. Bahkan pernah kita libatkan alat berat untuk membersihkannya agar lebih maksimal,” Kata Camat Medan Petisah.

Dijelaskan Budi Anshari, gotong royong di sungai Sei Putih dilakukan mulai dari pagi hari sampai siang hari. Artinya sampai benar-benar tidak ada lagi sampah maupun rumput liar yang berada di aliran sungai tersebut.

“Pembersihan sampah yang ada di aliran sungai Sei Putih kita lakukan sampai tuntas. Artinya petugas kita menyelesaikan tugasnya sampai benar-benar tidak ada lagi sampah di dalam aliran sungai tersebut,” Jelas Budi.

Diakui Camat Medan Petisah, meskipun rutin digelar gotong royong membersihkan sampah di sungai Sei Putih, masih juga terdapat sampah yang dibuang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karenanya pihaknya tidak pernah berhenti untuk terus mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita senantiasa terus mengajak dan menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di aliran sungai Sei Putih. Selain menjadikan lingkungan tidak bersih juga dapat mencemarkan aliran sungai. Edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar dapat menjaga kebersihan dan berperan aktif dalam kebersihan lingkungan juga terus kita lakukan. Kedepannya kita harapkan kesadaran masyarakat agar kebersihan lingkungan tetap terjaga dengan baik ,” Ujar Camat Medan Petisah.

Edukasi kepada masyarakat juga telah dilakukan dan akan terus dilakukan sehingga masyarakat nantinya akan dapat menyadari bahwa kebersihan lingkungan juga merupakan tanggung jawab bersama,”ujarnya. (er)