Wujudkan Medan Inovatif sesuai Visi Misi Bobby Nasution, Dispora Medan akan Jadikan Pemuda yang Kreatif dan Inovatif sebagai Binaan

328

MEDAN ketikberita.com | Dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution, Pemko Medan memiliki Visi dan Misi untuk pembangunan Kota Medan lebih baik kedepannya, salah satu visi misinya adalah Medan Inovatif. Guna mewujudkan Visi Misi tersebut Bobby Nasution meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemko Medan untuk mengimplementasikannya dalam sebuah program kerja.

Permintaan Bobby Nasution ini direspon Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan. Dalam mewujudkan Visi Misi tersebut Dispora Medan mengimplementasikannya melalui berbagai program kerja salah satunya dengan menggelar Pelatihan untuk penggiat UMKM dan ekonomi kreatif bagi pemuda yang ada di Kota Medan.

Kadispora Kota Medan Pulungan Harahap ketika dikonfirmasi, Jum’at (11/3) menjelaskan bahwa dalam rangka mewujudkan pelaksanaan visi misi Bobby Nasution yakni Medan Inovatif, pihaknya telah menggelar pelatihan untuk penggiat UMKM dan ekonomi kreatif Kota Medan dalam mengembangkan dan memasarkan bisnis dengan basis digital. Pelatihan ini diutamakan untuk Pemuda – pemudi dan telah memiliki suatu usaha (Wiraswasta).

Pulungan Harahap menambahkan pelatihan yang diikuti 120 pemuda yang memiliki usaha ini dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas photography dan kelas video content. Mereka mengikuti pelatihan tersebut selama tujuh hari dari tanggal 7 Maret sampai dengan tanggal 13 Maret 2022 dengan di bimbing oleh narasumber yang handal, diantaranya Syahrul Komar, Anggara Prasetya dan Ika Zulia Sapta.

“Para peserta yang mendaftar secara online tersebut dilatih dan dibimbing untuk lebih inovatif agar memiliki kemampuan untuk membuat konten guna dapat memasarkan usahanya dalam bentuk foto dan video yang dapat menarik perhatian masyarakat sehingga akan berdampak baik pada keberlangsungan usahanya,” Jelas Kadispora.

Dijelaskan Pulungan Harahap, setelah mengikuti pelatihan dan mendapatkan skill membuat konten nantinya para peserta diharapkan dapat menularkan ilmunya di lingkungan tempat tinggalnya minimal keluarganya. Artinya selain bermanfaat untuk dirinya pelatihan ini juga bermanfaat untuk lingkungan tempat tinggal mereka.

“Usai pelatihan ini direncanakan di bulan Juni akan digelar perlombaan kategori photography dan video content yang diikuti oleh para peserta pelatihan tersebut. Juara tiga besar dari masing-masing kategori ini akan menjadi Pemuda Binaan Dispora,” Jelas Pulungan Harahap.

Diakui Kadispora pelatihan seperti ini mendapatkan antusias pemuda di Kota Medan, hal ini terungkap saat Musrenbang Kecamatan yang banyak permintaan agar pelatihan seperti ini digelar dalam cakupan yang lebih besar. Sebab pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pemuda yang memiliki usaha karena dapat membantu memasarkan usaha mereka. Atas dasar itu dirinya akan mengusahakan agar ditahun depan dibuat 2 angkatan satu kelas.

“Antusias Pemuda- pemudi untuk mengikuti pelatihan ini sangat tinggi. Oleh karenanya di tahun depan kita akan mengusahakan membuat pelatihan dua angkatan dalam satu kelas. Selain itu kita mintakan agar satu kelurahan dapat mengirimkan satu perwakilan pemuda untuk mengikuti pelatihan tersebut. Dengan begitu visi misi Pak Wali Kota yakni menjadikan Medan sebagai ekonomi kreatif dan Inovatif akan dapat terwujud,” Ungkapnya. (er)