Wujudkan Energi Cinta Berqurban : ASAR Humanity Siap Distribusikan 1.000 Hewan Qurban Kepada Santri dan Guru Ngaji Di Pelosok Negeri Pada Idul Adha 1443 H

374

BOGOR (Jabar) ketikberita.com | Raih Cintanya, Qurban Sekarang..! Wujudkan energi cinta Berqurban pada Idul Adha 1443 H, Lembaga kemanusiaan ASAR Humanity mengajak masyarakat Islam untuk mendistribusikan 1.000 Hewan Qurban untuk santri dan guru ngaji di Pelosok negeri.

Peluncuran Tema “Energi Cinta Berqurban” dilaksanakan melalui talkshow dan konferensi pers di halaman Pesantren Arrasyid yang berada dibawah naungan lembaga Duta Qur’an Indonesia, bertempat di Ds. Nambo, Kec. Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Rabu (08/06/2022).

Direktur ASAR Humanity, Deny R. Hidayatullah, menjelaskan bahwa hingga saat ini penyebaran daging Qurban masih belum merata, masih banyak umat Islam khususnya santri penghafal Qur’an yang belum bisa merasakan nikmatnya daging Qurban yang menjadi kebahagiaan hari raya Idul Adha akibat keterbatasan untuk menyembelih hewan Qurban di wilayahnya.

“Terus terang sampai saat ini belum pernah melaksanakan penyembelihan hewan Qurban di Pesantren, Semoga tahun ini ada pelaksanaan Qurban yang menjadi keinginan dan cita-cita para santri” ucap Ustadz Bukhori, Pengasuh Ponpes Al-Mursal, Pesantren yang menjadi salah satu target distribusi hewan Qurban di daerah Cianjur – Jawa Barat.

Direktur Marketing Communication ASAR Humanity, Dicky Irawan, mengajak umat Islam untuk ikut mewujudkan rasa cinta kepada Allaah dengan berqurban melalui program yang akan dilaksanakan ASAR Humanity yang akan diberikan kepada santri dan guru ngaji di pelosok negeri, kerja sama antara ASAR Humanity dengan Duta Qur’an Indonesia.

Duta Quran Indonesia saat ini membina 1.200 lembaga, baik Pondok Pesantren maupun Rumah Tahfidz Qur’an yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan jumlah guru (asatiidz) 2.500 orang dan santri mencapai 50 ribu orang.

“Kami selalu ingin membersamai setiap program yang bersanding pada Duta Qur’an, ga cuman Qurban aja kita istiqomah, InsyaAllaah berkomitmen untuk memberikan minimal 1500 kg beras per bulan untuk pesantren dibawah naungan Duta Qur’an” Ungkap Dicky Irawan.

Menurut Dicky, masih banyak santri dan guru ngaji di pelosok negeri yang membutuhkan bantuan pangan, maka selain daging Qurban, akan ada beras dan minyak goreng yang menjadi pendamping paket daging qurban sebagai wujud keistimewaan Qurban yang diberikan oleh ASAR Humanity untuk menunjukkan wujud cinta berqurban kepada penerima manfaat yang telah ditargetkan.

Hal ini karena lembaga-lembaga binaan Duta Quran Indonesia para santrinya mayoritas berasal dari keluarga pra-sejahtera. Lembaga, baik pondok pesantren maupun Rumah Tahfidz memang mendapatkan pemasukan berupa uang infak bulanan dari wali santri program regular. Namun, jumlahnya belum dapat mencukupi kebutuhan pangan.

“Jadi target distribusinya, yang pertama itu untuk pesantren yang belum pernah mengadakan Qurban sejak awal pesantren nya berdiri, yang kedua akan menjadi sarana edukasi bagi para santri, bagaimana cara melaksanakan prosesi Qurban, mulai dari menyembelihnya, pengkulitan, pencacahan, sampai membagikan dagingnya kepada warga sekitar, dan yang ketiga akan menjadi hadiah bagi pesantren yang mengalami perkembangan dalam gerakan dakwah yang dilakukannya selama ini, jadi tidak hanya mendapatkan dagingnya tapi juga mendapatkan ilmu yang menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya” Ucap Tumirah, Presiden Duta Qur’an Indonesia, yang akrab disapa Umi Mira Arrasyid.

“kalo luar negeri, kita Palestina udah tiap tahun distribusi Qurban kesana, Harapannya tahun ini juga bisa kita berika,  ASAR Humanity ingin bahwa semua umat muslim yang ada di dunia ini juga merasakan daging Qurban dari Indonesia, mereka bisa juga menikmati dalam suasana konflik yang seperti itu”  Ucap Dicky Irawan yang kemudian menjelaskan bahwa keadaan saudara muslim di Palestina sedang mengkhawatirkan akibat penyerangan kaum zionis secara brutal untuk menguasai masjid Al Aqsa.

“Siapapun yang menjadi korban, apalagi dia muslim yang berhak untuk merasakan daging Qurban, akan kita kirimkan” Kata Dicky Irawan.  Selain Palestina, ASAR Humanity juga meluaskan jangkauan manfaat Qurban pada tahun ini, yaitu kepada saudara muslim di Suriah, Somalia, dan Rohingya.

Tentang ASAR Humanity
 
ASAR Humanity adalah lembaga kemanusiaan yang fokus dalam bidang pendidikan (pesantren tahfiz), emergency (kebencanaan) dan bantuan untuk masyarakat Islam di Palestina, Suriah, Somalia, dan Rohingya. Secara resmi lembaga dengan tagline “tebar energi kebaikan, raih lipatan pahala” ini berdiri pada 1 November 2018 lalu.

Meski masih belia, lembaga yang bertekad seratus persen menjadikan donasi sebagai manfaat ini, telah berkiprah dalam banyak hal. Dalam dua tahun terakhir, ASAR telah beroperasi di berbagai wilayah di Indonesia, dengan menjangkau 105.133 penerima manfaat, dan melibatkan 3.285 relawan. Untuk menghadapi beragam bencana kemanusiaan, ASAR juga telah menyiapkan tenaga relawan bernama Asar Volunteer in Action (AVIATION). (r/red)

Artikulli paraprakHendro PKS: Antisipasi PMK, DPRD dan Pemprovsu Fokus Bahas Ranperda Lalu Lintas Hewan dan Produk Hewan
Artikulli tjetërMenghitung Kemampuan Baterai 5000mAh di OPPO A Series