Wujud Penghormatan Jelang HUT ke 65, Kodam IX/Udayana Gelar Upacara Penjamasan Pataka Praja Raksaka

96

GIANYAR (Bali) ketikberita.com | Bendera Pataka merupakan lambang identitas suatu angkatan bersenjata yang digunakan pada zaman perang untuk memberitahukan titik pusat lokasi berkumpulnya pasukan atau berpusatnya kepemimpian, serta dapat juga sebagai sarana untuk menumbuhkan semangat jiwa korsa dan validitas batin yang kokoh dan kuat dalam mencapai cita-cita.

Demikian halnya pada Pataka Kodam IX/Udayana Praja Raksaka yang disakralkan mengandung makna Prajurit pengayom dan pelindung rakyat sejati. Maka, menjelang hari jadi Kodam IX/Udayana selalu dilaksanakan tradisi penjamasan Pataka.

Menjelang hari jadi ke 65 Kodam IX/Udayana yang jatuh pada tanggal 27 Mei 2022 mendatang, sebagai bentuk penghormatan terhadap Pataka Praja Raksaka, digelarlah acara Tradisi Penjamasan atau Pensucian yang dilaksanakan di Pura Kahyangan Jagat Bukit Dharma Durga Kutri, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, pada Senin (23/5/2022) malam.

Pada kegiatan tersebut, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penjamasan Pataka Praja Raksaka pada hakekatnya adalah permohonan kekuatan, keselamatan dan pemikiran yang jernih serta suci kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar seluruh keluarga besar Kodam IX/Udayana mampu mengemban tugas pengabdian kepada TNI, masyarakat, bangsa dan negara.

“Penjamasan atau penyucian ini mengandung makna penghormatan terhadap keteladanan Raja Udayana sebagai figur pemimpin yang tersohor pada zaman kerajaan terdahulu di Bali dan Nusa Tenggara. Dengan meneladani kepemimpinan Raja Udayana, diharapkan seluruh keluarga besar Kodam IX/Udayana memiliki semangat juang dan jiwa Praja Raksaka dengan prinsip-prinsip kepemimpinan Asta Brata, sehingga persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Bali dan Nusa Tenggara dapat terwujud dengan baik,” ujar Pangdam.

Mengakhiri amanatnya, Pangdam mengatakan bahwa keharmonisan dan kebersamaan Kodam IX/Udayana dan rakyat yang telah terbina dengan baik, senantiasa dapat dipelihara dan dijaga bersama, sehingga akan menjadi kekuatan yang tangguh dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Sementara itu, Pengempon Pura Bukit Darma Durga Kutri Gianyar, Wayan Jembong Arimbawan menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan Kodam IX/Udayana dalam rangka melaksanakan acara tradisi Penjamasan Pataka Kodam IX/Udayana dan mengucapkan selamat Ulang Tahun ke-65 kepada Kodam IX/Udayana. “Semoga Kodam IX/Udayana selalu tetap menjadi pengayom masyarakat Bali Nusra,” ucapnya.

Kegiatan Penjamasan Pataka Praja Raksaka Kodam IX/Udayana kali ini mengusung tema “Kodam IX/Udayana Hadir di Tengah Masyarakat Bersinergi untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat di Tengah Pandemi Covid-19 Ciptakan Masyarakat Bali Nusra Aman, Damai dan Sejahtera”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Para Pasahli Pangdam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Para Dan/Ka Balak Dam IX/Udy, Bupati Gianyar dan Forkopimda Kabupaten Gianyar serta Toda dan Toga masyarakat Blahbatuh. (Ar/Udy)