Wow, Ada Dugaan Hak TPS Jadi Bancakan PPK Dan PPS

62
Gambar : Ilustrasi

SERANG (Banten) ketikberita.com| Kerja keras awak media bersama tim investigasi LSM Geram Banten Indonesia DPC Kab Serang dalam mengungkap dugaan adanya bancakan (makan ramai-ramai) uang pulsa milik TPS pada perhelatan Pilkada Kabupaten Serang tahun 2020, mulai menuai hasil.

PPK Kragilan melalu anggotanya, Imam Setiawan dan M.Syafik saat ditemui di Kantor Kecamatan Kragilan pada 16 Februari 2021, bertutur kepada awak media bahwa pendistribusian uang pulsa untuk seluruh TPS sudah selesai.

“Pencairan dari KPUD ke PPK tanggal 11 Desember 2020, distribusi dari PPK ke PPS sebelum rapid test, harinya saya lupa dan selanjutnya dari PPS diberikan kepada operator TPS,”terang Imam yang menjabat sebagai operator di PPK Kragilan.

M.Syafik mengamini apa yang dituturkan oleh rekannya (Imam-red),”iyah, kami yang di PPK sudah memberikan uang pulsa untuk TPS melalui PPSnya masing-masing, nilainya 200 ribu per TPS,”jelasnya.

Pernyataan Imam dan Syafik kami konfrontir dengan hasil investigasi Marjuki dari LSM Geram Banten Indonesia, DPC Kab Serang pada Senin (22/02/2021).

“Kami (Geram-red) punya bukti adanya dugaan uang pulsa tidak sampai ke tangan TPS, Ketua dan anggota TPS yang terkonfirmasi di Desa Tegal Maja dan Desa Undar Andir tidak merasa terima uang pulsa, bahkan mereka kaget kalau ada uang pulsa untuk TPS,”jelas Marjuki.

“Uang pulsa apa kang, saya baru denger sekarang, ada uang pulsa untuk TPS,”ungkap Marjuki menirukan pertanyaan Ketua TPS.

Kenapa uang pulsa tidak sampai ke tangan TPS, ternyata pengakuan PPS uang pulsa yang diterimanya cuma 100 ribu, bukan 200 ribu seperti yang di klaim oleh pihak PPK.

“Iya Kang, uang pulsa yang saya terima dari PPK 100 ribu untuk setiap TPS,dan uang itu belum kami berikan ke TPS,karena bingung, “jelas Ketua PPS yang enggan disebutkan namanya.

Sampai berita naik, Opih Sopialloh Muhajir,Ketua PPK Kec Kragilan tidak merespon pertanyaan dari awak media di nomor whatsAppnya.

Perlu untuk diketahui, TPS di Kec Kragilan saat perhelatan Pilkada Serang,9 Desember 2020 berjumlah 158. (tim/red)