Waspada, Predeksi BMKG Sebagian Wilayah Aceh Akan Terjadi Hujan

68
foto net

BANDA ACEH Ketikberita.com | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Malikussaleh Aceh Utara memprediksi akan terjadi hujan ringan, berawan, dan cerah berawan di sebagian Aceh atau di enam kabupaten/kota selama tiga hari kedepan, yakni Sabtu (28/5/2022) sampai dengan Senin (30/5/2022).

Keenam wilayah tersebut adalah Bener Meriah, Bireuen, Kota Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur dan Kota Langsa.

Sesuai informasi yang di-share melalui grup WhatsApp Info BMKG Malikussaleh, pada Sabtu (28/5/2022) Bener Meriah, Aceh Timur dan Kota Langsa, cuacanya cerah berawan.

Bireuen, Lhokseumawe, dan Aceh Utara, cuacanya cerah berawan.

Pada Minggu (29/5/2022), Bener Meriah, dilanda hujan ringan.

Bireuen, Lhokseumawe, dan Langsa, cuacanya cerah berawan. Aceh Utara dan Aceh Timur, cuacanya berawan.

Terakhir, Selasa (30/5/2022), mulai Bener Meriah, Aceh Utara, Aceh Timur, dan Langsa, cuacanya berawan.

Bireuen dan Lhokseumawe, cuacanya cerah berawan.

Suhu, khusus Bener Meriah, berkisar 17- 28 derajat celcius.

Sedangkan suhu untuk wilayah Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, dan Bireuen, suhunya berkisar 23-33 derajat celcius.

Cuaca panas

Sebelumnya, berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG Malikussaleh Aceh Utara mengidentifikasi adanya peningkatan suhu udara maksimum selama dua pekan terakhir di wilayah Kabupaten Aceh Utara, Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Bireuen.

Suhu Udara maksimum tercatat mencapai 32-33 derajat celcius.

Hal ini tentu yang menyebabkan udara terasa sangat panas di siang hari dan gerah di malam hari, sehingga menggangu kenyaman dalam beraktivitas.

Kepala BKMG Malikuusaleh Aceh Utara, Siswanto, Senin (23/5/2022) menjelaskan, saat ini sedang memasuki periode musim kemarau, yang menyebabkan minimnya tutupan awan.

Serta jumlah uap air di atmosfer yang mulai berkurang dibandingkan musim hujan.

Lanjutnya, meningkatnya suhu dirasakan lebih panas pada Bulan Mei ini sebenarnya adalah hal yang wajar.

“Dalam analisis data pengamatan selama 30 tahun terakhir, pengamatan suhu udara di Stasiun Meteorologi Aceh Utara menunjukkan rata-rata suhu udara harian tertinggi adalah pada Bulan Mei. Hal itu memang terdapat pengaruh dari posisi gerak semu matahari dan juga dominasi cuaca cerah pada awal hingga puncak musim kemarau,” paparnya.

Secara klimatologis, sebut Siswanto, tingginya suhu udara di siang hari ini masih akan bertahan hingga Bulan Juni 2022 mendatang.

Dimana biasanya menjadi puncak periode musim kemarau.

Lalu, dengan memasuki periode musim kemarau masyarakat patut mewaspadai potensi munculnya kebakaran lahan yang biasanya terjadi pada periode musim kemarau ini.

Munculnya potensi kebakaran lahan dapat diidentifikasi, salah satunya menggunakan data pantauan titik panas (hotspot) serta peta analisis tingkat kemudahan terbakarnya lahan di lapisan atas permukaan tanah (Fine Fuel Moisture Code), yang dikeluarkan oleh BMKG dan secara rutin disebarluaskan ke masyarakat serta stakeholder termasuk BPBD setempat.

Himbauan

Pada kesempatan yang sama, Siswanto menyebutkan, didasari fonemona cuaca sekarang ini, maka diimbau kepada masyarakat untuk menghindari aktivitas yang berpotensi menimbulkan kebakaran lahan.

Seperti melakukan pembakaran lahan secara liar/tanpa pengawasan atau membuang puntung rokok sembarangan dan/atau semacamnya.

“Kepada masyarakat juga kita himbau dengan kondisi suhu udara panas sekarang ini untuk menjaga kondisi tubuh, seperti minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi serta mengenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari, jika beraktivitas di luar ruangan,” paparnya.

Lanjutnya, bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, melalui aplikasi HP berbasis android (infobmkg), akun medsos berupa instagram Official BMKG Malikussaleh Aceh Utara (@bmkg_acehutara), atau melalui Aplikasi Multi-Hazard Early Warning System atau dapat berkontak langsung dengan kantor BMKG terdekat. (AA)