Warga Desa Suka Damai Bertahun-tahun Keluhkan Sarana Air Bersih

236

ACEH SINGKIL ketikberita.com | Masyarakat Desa Suka Damai Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil mengeluhkan tentang sarana air bersih untuk kebutuhan sehari – hari, Senin (1/2/2021).

Rusli salah seorang warga Desa setempat mengatakan selama ini kami memakai mesin pompa air itupun hasilnya kurang bersih, rasanya asin bercampur tawar dan lengket dibadan serta bau.

Kemudian, lanjut Rusli jangankan untuk diminum untuk mandi saja pun airnya menempel dibadan, untuk mendapatkan air bersih kami hanya mengandalkan air hujan. Itupun digunakan untuk menyuci pakaian saja. Kalau untuk dikomsumsi Terpaksa kami membeli air galon. Ujarnya.

Memang didesa kami sudah dibangun sumur bor dari Dana Desa bahkan tiap dusun telah dibangun. Namun hasil air yang dibor tersebut kurang memuaskan. kemudian ada juga Pipa PDAM yang telah ditanam selama bertahun – tahun disetiap pada pekarangan masing – masing rumah warga namun, hingga sekarang ini airnya belum mengalir. Padahal kami sangat membutuhkan air bersih tersebut, Imbuhnya

Sementara itu, warga desa setempat lainnya dari kalangan emak – emak yang bernama Siti Katijah kami sangat kepayahan dan kesusahan karena air didesa kami kurang bersih, warnanya seperti air teh agak kecoklatan bau dan lengket dikulit. Walaupun kami buat alat penyaring air namun, airnya tak kunjung bersih masih berbau dan lengket.

Katijah berharap kepada Pemerintah daerah agar segera secepatnya mengalirkan air bersih tersebut karena air sangat utama sekali dalam kehidupan sehari – hari. Karena sudah bertahun – tahun kami belum pernah merasakan air bersih. (R84)