Warga Desa Dolok Sagala Gelar Syukuran, dan Apresiasi Pembangunan Ruas Jalan di Desanya

119

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Awal Januari 2022, pembangunan infrastruktur di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) masih terjaga derapnya. Bukti dari hal ini terlihat ketika Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, hadir kembali dalam acara syukuran atas pembangunan jalan di Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolok masihul, Kamis (13/1/2021).

Kembali, Bupati Sergai menyampaikan pentingnya pembangunan infrastruktur sebagai salah satu syarat untuk menopang perekonomian rakyat.

“Pembangunan jalan ini punya implikasi yang luas. Jika akses jalan tersedia dengan baik tentu akan berdampak terhadap lancarnya mobilisasi, transportasi dan pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan ekonomi. Bukan hanya itu, pembangunan infrastruktur juga punya korelasi langsung terhadap kualitas aspek sosial dan budaya,” tegas Darma Wijaya.

Dia menambahkan, pembukaan akses jalan ini tidak terbatas hanya di kawasan tertentu, namun direncanakan dalam skala yang lebih besar karena ditargetkan terlaksana di seluruh wilayah kecamatan se-Sergai.

“Pembangunan ini adalah kebutuhan dasar masyarakat. Adanya jalan ini juga jadi bukti jika pemerintah akan mengupayakan hadir di tengah-tengah rakyatnya,” kata Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati.

Terkait jalan yang dibangun,Ia merinci peningkatan ruas Jalan Kerapuh-Dolok Sagala bersumber dari dana APBD/Dana Alokasi Umum (DAU) dengan pagu anggaran sebesar Rp 2.478.820.000.00. Sedangkan panjang jalan yang dibangun dengan tipe hotmix ini adalah 1.714 m x 4 m. Selain itu, Bang Wiwiek juga menyebut dilakukan juga peningkatan ruas jalan di jalur yang sama dari dana yang bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan pagu anggaran Rp 5.409. 596.000 dengan panjang 3.000 m x 4 m jenis hotmix.

“Yang tak kalah penting saya ingatkan kepada para warga: jaga dan rawat jalan ini. Pembangunan tak akan berdampak baik kalau tidak diikuti dengan kesungguhan warga untuk meneruskannya dengan cara menjaga dan merawatnya dengan sungguh. Ini demi kebaikan kita, demi kemaslahatan jangka panjang,” katanya.

Terakhir, Bupati menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Dolok Masihul yang telah ikut membantu dalam proses pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Secara khusus dirinya juga mengapresiasi kinerja Dinas PUPR atas kinerja pembangunan yang dilakukan.

“Kepada Dinas PUPR Sergai agar tetap menjadi yang terdepan dan sigap dalam mengarahkan pembangunan di Kabupaten Sergai,” tandasnya.

Optimisme juga disampaikan oleh Wakil Bupati Adlin Tambunan. Ia mengatakan, pihaknya memfokuskan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi. Wabup juga menyampaikan penting nya kesadaran masyarakat untuk merawat apa-apa yang sudah dibangun agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

“Pembangunan harus dilandasi oleh niat yang baik. Mari sama-sama kita jaga niatan baik untuk membangun Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” pungkasnya.

Ucapan terima kasih warga Desa Dolok Sagala diwakili oleh Kepala Desa, Efendi. “Tidak ada yang bisa kami ucapkan selain terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati yang telah hadir ke desa kami dan telah mereali sasikan janji politiknya untuk membangun infra struktur jalan di sini. Mudah-mudahan harapan Pak Bupati dan Pak Wabup yang juga harapan kita semua, agar masyarakat makmur lewat pembenahan infrastruktur, bisa terwujud,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Ekbangsos Drs. Nasrul Azis Siregar, para Kepala OPD, Camat, Polsek Dolok Masihul, perwakilan PT. Socfindo, para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga Desa. (AfGans)