Walikota Gunungsitoli Terima Hadiah Lomba Inovasi Perangkat Daerah Se-Sumut

121

GUNUNGSITOLI (Sumut) Ketikberita.com | Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua terima hadiah kejuaraan berupa piala dan piagam penghargaan dalam Lomba Inovasi Perangkat Daerah Se-Sumut Tahun 2021. Piala dan piagam tersebut diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan (01/11/2021).

Kota Gunungsitoli berhak menerima penghargaan tersebut setelah berhasil meraih Juara I berdasarkan Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara Nomor : 094/6534/I/BPP/2021 tanggal 05 Oktober 2021.

Dalam keputusan tersebut pelaksanaan lomba dilakukan dalam rangka pengumpulan data Inovasi Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara sebagai persiapan mengikuti ajang Innovative Goverment Award (IGA) Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Tahun 2021.

Sementara Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengharapkan setiap pihak yang terkait termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar kreatif dan terus menelurkan inovasi. Karena, meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat Sumut tidak bisa hanya dengan kegiatan yang monoton.

Juga, Ketua Dewan Juri Lomba Inovasi Daerah R Sabrina menyampaikan ada 12 OPD Pemprov Sumut dan 44 OPD kabupaten/kota yang menjadi peserta. Ia berharap ke depan semakin banyak OPD Pemprov Sumut dan kabupaten/kota yang mengikuti lomba tersebut.
Menurut Sabrina, inovasi adalah cara perangkat daerah agar tidak melakukan kegiatan yang monoton, serta keluar dari pola pikir linear. “Inovasi dapat dimaknai sebagai reformasi birokrasi kontekstual, artinya reformasi birokrasi yang disesuaikan dengan tantangan dan kondisi daerah setempat, ” kata Sabrina.

Adapun daftar pemenang lomba inovasi perangkat daerah yaitu dari ketegori pemerintah Kabupaten/Kota, Juara satu Ekskavator Gratis Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Gunungsitoli, juara dua Budidaya Kentang Bertingkat Dinas Pertanian Karo, juara tiga Aplikasi Gerakan Masyarakat Pecinta Agribisnis (GEMPITA) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tebing Tinggi, juara empat Rumah Kemasan Dinas Koperasi dan UKM Batubara, dan favorit Mall Dinas Koperasi UKM Deliserdang.

Sementara kategori pemerintah provinsi antara lain juara satu Sistem Informasi Penatausahaan Keamanaan dan Pemeliharaan Aset Sumut Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Dokumentasi Pengenalan Paket Keras Badan Kepegawaian Daerah, e-Samsat Sumut Bermartabat Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, dan aplikasi e-absensi Sumut Dinas Komunikasi dan Informatika (pengembangan WFH/WFO) Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut.

Keberhasilan dari program Ekskavator Gratis (Exis) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Gunungsitoli dikarenakan manfaatnya yang telah dirasakan langsung oleh masyarakat. Hal ini merupakan buah dari kerja keras di lapangan yang menargetkan kepentingan-kepentingan umum.

Program dari Exis ini sendiri ditujukan untuk beberapa sasaran antara lain: Pembukaan ruas jalan untuk membuka keterisoliran wilayah; Pematangan lahan yang diperuntukan untuk infrastruktur publik misalnya: pematangan lahan perkantoran, pematangan lahan pertanian, pematangan lahan untuk pembibitan ikan; Pematangan lahan yang diperuntukan untuk tempat ibadah; serta Penanganan keadaan darurat dan ataupun pasca bencana. (Wardi)